Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 23:50 WIB

Darmin Kecewa S&P Masih Tunda Rating Indonesia

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 17 Mei 2017 | 11:02 WIB
Darmin Kecewa S&P Masih Tunda Rating Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution tak ambil pusing dengan sikap lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor's (S&P) yang belum juga memberikan rating terhadap utang Indonesia menjadi layak investasi (investment grade).

Menurut Darmin, alasan kondisi politik yang mencekam saat Pilkada DKI Jakarta bukanlah salah satu alasan untuk belum memberikan penilaianya kepada Indonesia.

"Kalau alasannya politik, itu sudah mencari alasan, setiap hari diubah. Mestinya tidak ada penundaan (kenaikan peringkat)," katanya saat ditemui di kantornya, Rabu (17/5/2017).

Jadi seharusnya pada bulan ini adalah batas dari S&P untuk memberikan penilaianya terhadap pemerintah Indonesia, setelah pada sebelumnya telah bertemu dengan Menko Darmin sendiri, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan juga Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

S&P juga merupakan lembaga satu-satunya yang belum memberikan level investment grade kepada Indonesia. Peringkat Indonesia saat ini di level BB+/positif outlook. "Mestinya enggak ada penundaan itu. Enggak bisa diubah-ubah alasan itu," jelasnya. [hid]

 
x