Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 28 Mei 2017 | 11:45 WIB

Kemendag dan Bulog Bersinergi Stabilitaskan Harga

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 17 Mei 2017 | 11:46 WIB
Kemendag dan Bulog Bersinergi Stabilitaskan Harga
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Kepala Perum Bulog Djarot Kusumayakti meluncurkan 'Gerakan Stabilisasi Pangan - (Foto: Inilahcom/Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kemendag dan Perum Bulog bekerja sama dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan dengan meyebar pasokan ke sejumlah pasar di seluruh Indonesia.

Upaya tersebut ditunjukan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bersama Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti yang meluncurkan Gerakan Stabilisasi Pangan hari ini di Gudang Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten di Kelapa Gading, Jakarta.

Rencananya, komoditi yang akan dijual dalam gerakan ini adalah beras (kualitas medium dan premium), gula, minyak goreng, daging beku, bawang merah dan bawang putih serta komoditi lokal lainnya.

Mendag Enggar mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Bulog ini sebagai langkah pemerintah untuk mewujudkan stabilitas harga terutama menjelang bulan puasa dan Lebaran.

"Saya sungguh berterima kasih, mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh direksi dan seluruh jajaran dari Bulog," kata Mendag melalui keterangan tertulis, Rabu (17/5/2017).

Bulog sebagai penyedia stok pemerintah telah menyiapkan stok cukup untuk kebutuhan Gerakan Stabilitasi Pangan dengan total stok beras 2 juta ton lebih, gula 320.000 ton, daging beku 37.000 ton, minyak goreng 207.000 liter, bawang merah 60 ton, bawang putih 62 ton. Khusus untuk bawang merah dan bawang putih, pemerintah akan terus menambah stok melalui penyerapan dari produksi dalam negeri maupun impor.

Pada kesempatan tersebut Mendag juga menegaskan bahwa koordinasi yang dilakukan dengan Bulog tidak hanya dilakukan saat menjelang Ramadan saja. Enggar juga mengingatkan fungsi Bulog tidak hanya ketika harga naik, tapi juga ketika harga turun terlalu jauh yang sekiranya dapat merugikan petani atau pelaku usaha kecil lainnya di sektor pangan.

Dalam acara ini Mendag dan Dirut Bulog, disaksikan perwakilan dari Polri dan Bank Indonesia, melepas keberangkatan 10 truk berisi bahan pangan yang akan disebar ke pasar secara simbolis.

Diharapkan dengan adanya gerakan ini, stok maupun harga bahan pokok di pasar bisa stabil menjelang dan selama Ramadan dan Idul Fitri. [hid]

 
x