Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 07:40 WIB

Jonan tak Mau Boros Perundingan di Blok Masela

Oleh : - | Rabu, 17 Mei 2017 | 14:09 WIB
Jonan tak Mau Boros Perundingan di Blok Masela
Menteri ESDM Ignasius Jonan - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan sudah ada kesepakatan dengan Inpex terkait pengembangan Blok Masela di Provinsi Maluku.

Dalam perundingan dengan Inpex di Jakarta, Rabu (17/5/2017), Menteri ESDM Ignasius Jonan bilang, proses pengembangan Lapangan Abadi atau Blok Masela di Laut Arafura, Maluku, disegerakan. Lantaran, rencana ini sudah terlalu lama dibicarakan atau dibahas.

Dirinya meminta Inpex segera melakukan pembahasan dengan SKK Migas untuk memulai proses Pre Front End Engineering Design (FEED). Pembahasan sudah harus masuk ke tahapan teknis, termasuk sejumlah topik seperti pelaksanaan Pre FEED, kapasitas produksi, serta lokasi on shore.

Terkait lokasi, Jonan menyampaikan tiga opsi lokasi. "Pemerintah tidak punya preferensi khusus terkait lokasi," kata Jonan.

Kedua pihak sepakat lokasi akan ditetapkan setelah Pre FEED tuntas, sebelum masuk tahapan FEED.

Sementara, CEO dan President Inpex, Toshiaki Kitamura menyatakan kesiapan Inpex untuk segera memulai tahap Pre FEED. Dalam hal ini, Inpex setuju untuk segera menggelar workshop bersama SKK Migas guna membahas poin-poin strategis. Agar bisa segera memulai pre FEED.

Wakil Kepala SKK Migas, MI Zikrullah menyatakan, SKK Migas sudah menggagendakan workshop bersama Inpex dalam waktu dekat. Di samping soal Blok Masela, kedua pihak juga mendiskusikan Blok Mahakam. Di blok ini, Inpex berpartisipasi sebagai investor bersama Total. [tar]

Komentar

 
x