Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 13:58 WIB

Proyek Kereta Api Cepat

MTR Corp Hong Kong garap KA Cepat KL-Singapura

Oleh : Bachttiar Abdullah | Rabu, 17 Mei 2017 | 14:48 WIB
MTR Corp Hong Kong garap KA Cepat KL-Singapura
PMSingapura Lee Hsien Loong dan PM malaysia Najib Razak - The Strait Times
facebook twitter

INILAHCOM, Hong Kong Operator kereta api Hong Kong menggandeng BUMN KA China untuk mengikuti lelang miliaran dolar pembangungan jaringan kereta api yang menghubungkan Singapura dan Kuala Lumpur, tulis koran South-China Morning Post, Selasa (16/5/2017).

CEO MTR corporation FrederickMa sihang mengatakan, perusahaannya bermitra dengan perusahaan BUMN kereta api China untuk memenangkan kontrak jalur kereta api cepat sepanjang 350 km antara Kuala Lumpur dan Singapura.

Proyek ini adalah investasi pertama MTR corp dibawah rencana besar pembangunan jalur sutera laut dan darat (Belt and Road) yang digagas China untuk menghubungkan Asia Tenggara dengan Eropa.

Kami masuk ke ceruk pasar baru di bawah gagasan "Belt and Road ," ujar Ma."Namun kita berhati-hati terhadap sejumlah faktor dan kelayakan pendanaan proyek ini serta risikonya."

Ma merupakan anggota rombongan 30 delegasi Hong Kong yang dipimpin Leung chun-ying eksekutif Belt and Road dari Beijing.

Presiden China XiJinping menggelar karpet merah menyambut 1.200 delegasi dari 100 negara lebih pada Minggu (14/5) dan Senin (15/5 2017) pada KTT "Belt and Road".

Ma terlihat berdiskusi dengan menteri transportasi Malaysia Liow Tiong Lai padaforum yang berkaitan dengan proyek jalur kereta api cepat yang mulai digarap pada akhir 2017 dan selesai pada 2026.

MTR dan China Railway menandatangani nota kesepahaman terkait kerjasama dalam gagasan "Belt and Road" pada Desember lalu yang memulai meretas jalan kerja sama yang melibatkan 60 negara sesuai rencana besar mebangun koridor jalur sutera kuno di darat ke arah utara dan jalur sutera laut dari selatan (Asia Tenggara).

MTR berpartisipasi dalam peran manajerial proyek KA cepat Singapura Kuala Lumpur yang padat modal.

Operasi MTR Corp antara lain di Beijing, London, Australia, Swedia terutama pada pengelolaan jalur KA, tulis South China Morning Post.

MTR Corp tahun lalu membuka pelatihan untuk para insinyur perkereta apian dari Hong Kong,Indonesia, Thailand, Malaysia dan Makau.

 
x