Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Mei 2017 | 09:32 WIB

Bea Cukai Jambi Salurkan Seribu Buku Bacaan Anak

Oleh : - | Rabu, 17 Mei 2017 | 18:46 WIB
Bea Cukai Jambi Salurkan Seribu Buku Bacaan Anak
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jambi - Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya. Ungkapan inilah yang mendorong Bea Cukai Jambi untuk mengadakan program literasi bertajuk 1000 Buku: Membaca Bersama Bea Cukai Jambi.

Program ini merupakan bentuk kepedulian Bea Cukai Jambi terhadap dunia pendidikan dengan mencoba menumbuhkan minat baca bagi anak-anak Indonesia. Sesuai dengan tujuannya, program ini menyasar beberapa sekolah dasar di wilayah Jambi, yaitu SD Negeri 09 Kabupaten Muaro Jambi, SD Negeri 145/V Sri Menanti Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan SD Negeri 44/IV Tanjung Johor.

Tidak hanya membagikan buku bacaan kepada perpustakaan sekolah, Bea Cukai juga mengadakan kelas inspirasi dengan tema cita-cita. Dengan adanya kelas inspirasi, diharapkan setiap siswa memiliki cita-cita dan selalu semangat meraihnya, bahkan setiap siswa didorong untuk menuliskan cita-cita mereka dan menggantungkannya pada "pohon cita-cita" yang telah disiapkan.

"Melalui program ini, kita berharap para penerus bangsa ini dapat tumbuh cerdas dan berkarakter sehingga mampu mengejar cita-citanya sejak dini," ungkap kepala Kantor Bea Cukai Jambi Priyono Triatmojo mengomentari kegiatan yang dilaksanakannya, Rabu (17/5/2017).

Priyono mengatakan, sesuai tema program yang dilaksanakan pada 8 dan 13 Mei ini, Bea Cukai Jambi akan membagikan lebih dari seribu buku bacaan kepada perpusatakaan sekolah. "SD Negeri 09 Kabupaten Muaro Jambi dan SD Negeri 44/IV Tanjung Johor masing-masing akan mendapatkan 358 buku yang akan kami serahkan langsung kepada pihak sekolah, sedangkan buku untuk SD Negeri 145/V Sri Menanti sebanyak 636 buku kami serahkan kepada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan (UPTD) setempat karena akan dibagikan juga ke SD yang lain di wilayah tersebut", ujarnya.

Membiasakan membaca dan mencintai buku memang perlu ditanamkan, khususnya pada anak-anak yang tumbuh di era hiburan dan informasi elektronik seperti saat ini. Namun menjadi terbiasa bukan serta merta. Mulailah dengan membawa dan mengenalkan buku bacaan bermutu lebih dekat pada mereka. [*]

 
x