Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 23:50 WIB

Pengamat: Pemilihan OJK Bermasalah Sejak Awal

Oleh : - | Kamis, 18 Mei 2017 | 04:09 WIB
Pengamat: Pemilihan OJK Bermasalah Sejak Awal
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Centre For Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi menilai, OJK sebagai lembaga pengawas serta regulator seluruh industri keuangan, haruslah steril dari kepentingan politik.

Ketika ada calon komisioner OJK yang bertemu elit parpol atau parlemen, dikhawatirkan ada deal-deal politik yang memengaruhi indepensi lembaga di kemudian hari.

"Kalau itu benar, kita patut sesalkan. Kok ada calon yang kasak-kusuk, lakukan lobi politik agar terpilih menjadi pejabat di OJK. Lembaga ini harusnya diisi orang yang benar-benar profesional, kapabel. Bukan melalui lobi politik," papar Uchok di Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Sejak awal, kata Uchok, proses pemilihan yang dilakukan pansel OJK yang dipimpin Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati, sudah banyak keanehan. Jadi, masyarakat jangan terlalu berharap banyak terhadap kinerja OJK bisa sebagus periode pertama.

"Saat ini, memang masa-masa rawan. Di mana, DPR menjadi penentunya. Tadinya, kita berharap seluruh calon bisa menjaga integritas dengan tidak melakukan lobi. Tapi saat ini, kepercayaan itu pupus," tutur Uchok. [ipe]

 
x