Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 Juli 2017 | 01:43 WIB

Bandara Sumbangan Freeport Uji Coba Pekan Depan

Oleh : - | Kamis, 18 Mei 2017 | 07:09 WIB
Bandara Sumbangan Freeport Uji Coba Pekan Depan
Kepala Dishubkominfo Mimika, John Rettob - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Timika - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, merencanakan uji coba Bandara Anggoinggin yang dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI/Freeport).

Kepala Dishubkominfo Mimika, John Rettob mengatakan, pemeriksaan telah dilakukan terhadap Bandara Anggoinggin yang terletak di Lembah Aroanop, Distrik Tembagapura itu. Hasilnya, siap uji coba pendaratan pada pekan depan. "Freeport sudah berkoordinasi dengan kami, sudah menyurati dan kami juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Papua. Tim dari provinsi akan datang baru kami tes pendaratan bersama-sama. Pesawat untuk tes pendaratan itu dari maskapai Susi Air," kata John di Timika, Rabu (17/5/2017).

Secara keseluruhan, kata John, berdasarkan hasil inspeksi tim Dishubkominfo dan pihak perusahaan, pilot Susi Air jenis Pilatus Porter, dan pilot Asian One Air jenis Cessna Grand Caravan, menyimpulkan bahwa bandara siap diuji coba pendaratan. "Ukuran landasan pacu dengan panjang 461 meter, lebar 18 meter dan kemiringan delapan persen. Bandara ini juga dilengkapi dengan apron 30x30 meter dan terminal penumpang," tutur John.

John mengatakan, Freeport telah membangun Bandara Anggoinggin sesuai standar yang ditetapkan Dishubkominfo. Hanya saja, landasan pacunya masih kurang panjang. "Tetapi kalau dipanjangkan maka bukit di atasnya harus digusur dan kampung harus dipindahkan," kata John.

Solusinya, lanjut John, landasan pacu dibuat dengan kemiringan 8%, sehingga memungkinkan untuk menahan laju pesawat saat mendarat.

Manajer Relasi Komunitas pada Community Liaison Officer (CLO) Freeport, Nathan Kum mengatakan, Bandara Anggoinggin akan diserahkan perusahaan kepada masyarakat Aroanop (gereja). Selanjutnya, dari masyarakat akan diserahkan ke Pemkab Mimika untuk dikelola.

"Kalau Bandara Anggoinggin ini sudah bisa beroperasi maka sudah tentu akan memberikan banyak kemudahan untuk masyarakat Aroanop. Kalau mengandalkan helikopter sudah tentu biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Maka kami harapkan bandara ini beroperasi tahun ini juga," kata Nathan. [tar]

 
x