Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 23:49 WIB

Dua Menteri Kompak Perangi Penimbun Bahan Pangan

Oleh : - | Jumat, 19 Mei 2017 | 01:29 WIB
Dua Menteri Kompak Perangi Penimbun Bahan Pangan
Menteri Pertanian Amran Sulaiman - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman bertekad memberantas aksi penyelundupan pangan yang bikin sulit konsumen. Lantaran harga pangan menjadi mahal.

"Sekarang tiga tersangka izinnya kami cabut dan kalau ada yang coba main-main lagi, Menteri Perdagangan sudah perintahkan kami cabut lagi izinnya," kata Amran kepada wartawan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Amran bilang, masih akan terus mengawasi aktivitas importir, sehingga tidak adalagi yang coba-coba melakukan penimbunan pangan.

Dia mengatakan, terungkapnya penimbunan 182 ton bawang itu, diharapkan bisa menekan harga bawang yang mengalami kenaikan menjelang datangnya Bulan Suci Ramadan. "Pelaku merupakan perusahaan lama dilihat dari ukuran gudang penyimpanannya," terang Amran.

Untuk memastikan tidak adanya aksi penimbunan, Amran melanjutkan, kementerian pertanian telah membentuk Satgas Pangan hingga tingkat Polres.

Pandangan senada disampaikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, importir yang terbukti menimbun bahan pangan, harus diberi sanksi tegas. Termasuk pelaku penimbunan 182 ton bawang putih. "Begitu digerebek, langsung PT itu saya cabut izinnya. Sudah tidak ada urusan itu," kata Enggar. [tar]

 
x