Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 14:15 WIB

Mudik Gratis Alat Menhub Promosikan Angkutan Laut

Oleh : - | Jumat, 19 Mei 2017 | 03:09 WIB
Mudik Gratis Alat Menhub Promosikan Angkutan Laut
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Momentum mudik tahun ini, dimanfaatkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mempromosikan angkutan laut. Selama ini, peminatnya boleh dibilang kurang. Ini cara cerdas yang layak ditiru.

Kata Budi, upaya mempopulerkan mudik menggunakan transportasi laut, dilakukan dengan memperbesar kuota atau serapan angkutan mudik gratis. Di mana, kemenhub menggagas mudik gratis untuk sepeda motor dalam jumlah besar.

"Sekarang ini kita akan mencoba dengan moda laut sebagai gambaran, kalau model ini berhasil, maka akan kita sediakan kuota yang lebih besar," kata Budi dalam konferensi pers Program Angkutan Motor Gratis Kemenhub di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Tahun ini, kata Budi, kemenhub melalui direktorat jenderal perhubungan laut, menghadirkan program mudik motor gratis yang sempat 'mati' alias dihentikan. Jatah mudik gratis disediakan untuk 32 ribu penumpang dan 16 ribu motor. Diangkat menggunakan kapal laut secara cuma-cuma.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, A Tonny Budiono mengatakan, anggaran program mudik motor gratis 2017 mencapai Rp32 miliar. Rute yang disediakan, adalah Jakarta-Semarang (Pulang-Pergi/PP) dengan jadwal keberangkatan 14-23 Juni. Sedangkan untuk arus balik dijadwalkan pada 29-30 Juni, dan 1-6 Juli 2017.

Sedangan titik keberangkatan, kata Tony, melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Dan titik kepulangannya di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah. "Untuk kapalnya ini, satu dari Pelni kapasitas 1.000 penumpang dan dua dari swasta kapasitas 500 penumpang, sekarang sedang kita lelang," kata Tony.

Selain itu, Tonny mengatakan pihaknya akan mempromosikan mudik gratis dengan kapal laut ke sentra-setra industri dan pasar-pasar untuk menarik minat masyarakat. "Masyarakat kan belum dapat informasi yang belum jelas tentang ini, tahun-tahun sebelumnya juga yang daftar sedikit," kata Tony.

Tonny mengatakan, kelebihan moda transportasi laut dibandingkan darat, selain gratis, penumpang bisa menikmati perjalanan sambil tidur, atau menikmati sejumlah hiburan. Selain itu, dijamin tidak akan terjadi kemacetan. "Bisa sambil mimpi, ini enggak sampi 23 jam, hanya 12 jam saja Jakarta-Semarang, nanti dari Semarang bisa menlanjutkan perjalanan ke kota-kota lain," kata Tony. [tar]

Komentar

 
x