Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 27 Mei 2017 | 13:09 WIB

Ada Petugas Pajak Nakal, Laporkan ke Sri Mulyani

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 19 Mei 2017 | 04:30 WIB
Ada Petugas Pajak Nakal, Laporkan ke Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani (kedua dari kanan) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menkeu Sri Mulyani siap menerima laporan masyarakat atau Wajib Pajak (WP) bila menemukan petugas pajak nakal. Terkait implementasi Perppu 1/2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Perpajakan.

"Saya meminta di Kemenkeu untuk memperkuat wistle blower system. Dalam rangka untuk memberikan wadah bagi masyarakat yang merasa tidak nyaman atau mendapat perlakuan dari aparat pajak yang tidak memenuhi disiplin atau aturan tingkah laku atau memenuhi kepentingan sendiri. Dia dapat mengadukan di wistle blwoser system," tegas Sri Mulyani di Kantornya, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini memastikan, aturan yang dibuat dalam Perppu tersebut, mengacu kepada aturan internasional. "Kita juga akan memastikan bahwa sistem atau pertukaran informasi yang kita dapatkan harus mengikuti protokok internasional. itu adalah format atau konten atau ketentuanya memeuhi standar internasional," kata Mulyani.

Dia bilang laporan dari masyarakat sangat penting, agar praktek kerja yang dilakukan para petugas pajak tetap diawasi, sehingga petugas pajak tidak berani untuk melakukan hal-hal yang justru merugikan masyarakat ataupun WP.

"Itu sudah ada tapi saya mau diperkuat. Untuk menghadapi kekahwatiran mereka mendapatkan perlakuan sewenang-wenang atau perilaku aparat pajak yang tidak sesuai. Sehingga ada cek di DJP sendiri," katanya.

Dia bilang, pembentukan Perrpu ini dilakukan Secara terkoordinasi dan yang paling penting tetap mementingkan kepentingan nasional terutama soal perpajakan dan posisi Indonesia di tingkat global.

"Kita berharap Indonesia akan terus jaga kepentingan nasional dalam perajakan, namun yang penting reformasi perpajakan akan makin sangat penting dan mendesak. sprt sy sampaikan tim reformasi dan upaya kita memperbaiki reputasi dan kredibilitas DJP secara keseluruhan," tandasnya. [ipe]

 
x