Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 23:01 WIB

Tahun Ini, Enggar Ingin Masuk 16 Pasar Ekspor Baru

Oleh : Uji sukma medianti | Jumat, 19 Mei 2017 | 09:09 WIB
Tahun Ini, Enggar Ingin Masuk 16 Pasar Ekspor Baru
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita bilang, tahun ini akan menjadi titik balik bagi ekspor.

Menurut Enggar, sejak 2012, kinerja ekspor terus mengalami penurunan. Di tengah persaingan yang semakin ketat, pemerintah ingin merambah pasar-pasar ekspor yang baru. "Tidak ada satupun negara di dunia yang bisa hidup sendiri sekarang bagaimana kita menerapkan strategi market kita secara utuh," kata Enggar di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Dirinya menekankan supaya ekspor dalam negeri tidak melulu harus produk Crude Palm Oil (CPO). "Yang pasti banyak produk potensial yang lain saya tidak mau terus menganak emaskan CPO," ujar Enggar.

Enggar mengaku, dalam even Trade Expo Indonesia (TEI) yang ke-32 yang akan digelar Oktober nanti, dirinya mentargetkan untuk menjalin kerja sama pasar ekspor yang baru dengan 16 negara.

Hanya saja, Enggar belum mau menyebut negara mana saja yang dibidik sebagai pasar ekspor anyar itu. Selama ini, potensi ekspor ke-16 negara itu sulit. Lantaran negara itu memiliki produk yang sama dengan Indonesia. "Itu kan harus diselaraskan itu nanti kita balas (produknya)," kata Enggar. [ipe]

Komentar

 
x