Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 22 November 2017 | 14:19 WIB

Sri Mulyani Awasi Petugas Pajak Buka Data Bank

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 19 Mei 2017 | 10:09 WIB
Sri Mulyani Awasi Petugas Pajak Buka Data Bank
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjamin, petugas pajak yang membuka rekening bank bakal diawasi. Untuk menghindari penyelewengan yang merugikan keuangan negara.

"Saya meyakinkan dan tekankan kepada masyarakat, bahwa tata kelola DJP (Direktorat Jenderal Pajak) dalam rangka mendapatkan informasi. Jadi, bagaimana mereka mendapatkan informasi, prosedur dan protokolnya. Maupun dalam rangka menggunakan informasi tersebut. Semuanya akan diatur secara sangat ketat, dalam PMK yang menjadi turunnan dari Perppu No 1 Tahun 2017," papar Sri Mulyani di Kantornya, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Dalam Perppu Nomor 1/2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan menyebutkan bahwa DJP memiliki akses informasi yang berhubungan dengan data rekening nasabah perbankan, dan lembaga keuangan lainnya. Artinya, petugas pajak bisa membuka data rekening nasabah demi kepentingan perpajakan.

"Tujuan untuk memperoleh informasi dalam kepentingan pajak, menjadi tidak disalah gunakan. Kita akan menetapkan secara jelas tata kelolanya, protokol. Kita juga akan memastikan bahwa seluruh jajaran DJP yang memiliki akses informasi tersebut, akan menjadi subyek dari disiplin internal, sesuai peraturan perundang-undangan," papar Mulyani.

"Jadi artinya informasi itu tidak digunakan untuk kepentingan lainnya, artinya kepentingan pribadi atau menakut-nakuti masyarakat atau Wajib Pajak (WP)," lanjut Mulyani. [ipe]

Komentar

 
x