Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 23:48 WIB

Soal Kebijakan Pangan, Ini Kata Menko Darmin

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 19 Mei 2017 | 14:33 WIB
Soal Kebijakan Pangan, Ini Kata Menko Darmin
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Urusan pangan selalu memicu keributan. Mulai dari lonjakan harga menjelang bulan puasa dan lebaran hingga regulasi.

Celakanya, sejauh ini data kebutuhan dan produksi pangan simpang siur alias tidak ada yang bisa dipegang. Maklum, sejumlah instansi pemerintah memiliki data dan angka sendiri yang berbeda-beda. Tak heran, pengambilan kebijakan bidang pangan acap tak akurat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan memang untuk urusan pangan terutama data pangan, memang sudah banyak pihak yang berdebat dan ingin mengklaim data pangannya paling benar.

"Kita lama berdebat berapa produksi padi di Indonesia, bedanya banyak satu kementerian dengan yang lain," kata Menko Darmin di kantornya, Jumat (19/5/2017).

Darmin menjelaskan perbedaan data pangan ini, lantaran masing-masing kementerian tersebut punya metode dan pandangannya sendiri, jadi data yang tersaji bisa saja berbeda.

"Mereka data-data yang disajikan berbeda, karena metodenya masing-masing," katanya.

Darmin mengatakan, sejauh ini pihaknya punya kesepakatan untuk semua komoditi pangan penting itu perkiraan produksinya ada dan kebutuhannya juga tercantum.

"Kita punya datanya, produksinya berapa, Kebutuhannya gimana? Impornya berapa banyak, itu ada. Di situ diumumkan berkali-kali bahwa impornya berapa ada," katanya.

"Saya coba itu ada satu yang miss, waste dan loses. Kalau kita sudah menyelesaikan waste dan loses keliatannya bagus. Dan waste dan loses itu hanya bisa dengan standar logistic yang baik," tandasnya. [hid]

 
x