Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 27 Mei 2017 | 13:06 WIB

Darmin Ungkap Kelemahan Ekonomi Desa

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 19 Mei 2017 | 16:45 WIB
Darmin Ungkap Kelemahan Ekonomi Desa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dalam program nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi), ada satu butir poin penting terkait pembangunan, yakni melakukan pembangunan dari daerah terdepan atau desa-desa terpencil untuk mengurangi tingkat ketimpangan ekonomi antara desa dan kota.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan salah satu penyebab ekonomi desa tidak maju adalah kebiasan masyarakat desa yang memiliki aktivitas ekonomi yang kecil-kecil dan fragmented.

"Saya selalu menganggap persoalan utama desa itu adalah berawal dari kegiatan yang kecil-kecil dan fragmented. Itu dia salah satu titik lemah yang menjadi tantangan bagi kita untuk menjawabnya," kata Menko Darmin di Kantornya, Jumat (19/5/2017).

Tak hanya soal itu, laju migrasi juga menjadi persoalan, penduduk desa di penjuru Indonesia mencapai 4% per tahun, salah satu yang tertinggi di dunia. Diperkirakan pada 2025, 65% penduduk desa akan berpindah ke kota. Angka ini diestimasi akan mencapai 85% pada 2050.

Salah satu penyebab laju migrasi ini, kata Darmin, adalah rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat desa yang sebagian besar berprofesi sebagai petani subsisten.

"Petani yang memilih tetap tinggal di desa tidak memiliki banyak pilihan, baik untuk memilih bibit, pupuk, alsintan, hingga penjualan hasil garapannya sendiri," paparnya.

Meski begitu, Darmin bilang ada 3 aspek penting untuk memajukan perekonomian desa, diantaranya adalah persatuan, sosial dan ekonomi, jika ke 3 aspek ini berjalan bersama, kemungkinan desa tersebut akan maju sangatlah besar.

"Memang desa itu sebenarnya bukan hanya satuan ekonomi. Kita harus jelas dari awal. Desa itu satuan, sosio, ekonomi. Oleh karena itu pendekatan apapun yang kita lakukan untuk mendorong memajukan memandirikan desa pasti ketiga aspek itu tidak boleh diabaikan," jelasnya. [hid]

 
x