Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 13:48 WIB

Digoyang Isu Lobi Komisioner OJK, Misbakhun Santai

Oleh : M fadil djailani | Selasa, 23 Mei 2017 | 04:09 WIB
Digoyang Isu Lobi Komisioner OJK, Misbakhun Santai
Anggota Komisi XI Mukhammad Mishbakun - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Isu adanya lobi politik dari calon dewan komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bikin hebah. Apalagi menyeret Anggota Komisi XI DPR asal Golkar.

Saat ditanya soal itu, Anggota Komisi XI Mukhammad Mishbakun santai-santai saja. Dia bilang, Komisi XI sudah sangat siap untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and propert test) terhadap 14 calon komisioner OJK. "Sudah sangat siap, teman-teman yang lain juga, kita akan mencari yang terbaik," kata Mishbakun kepada INILAHCOM, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Misbakhun menegaskan, DPR melibatkan peran serta masyarakat dalam pemilihan calon DK OJK. Melalui partisipasi publik ini, DPR meyakini bakan terseleksi sosok yang benar-benar mumpuni. "Sudah banyak yang berpartisipasi, nantinya akan menjadi masukan DPR, Komisi XI untuk calon-calon tersebut," kata Misbakhun.

Terkait adanya calon DK OJK yang memiliki rekam jejaknya kontroversial, dia bilang harus diklarifikasi. Misalnya, ada calon yang sebelumnya dikenal sebagai figur yang anti OJK. "Saya akan tanyakan itu nanti ketika fit and proper test. Apa alasannya," tegas Misbakhun.

Dalam catatan Misbakhun, memang ada calon DK OJK yang awalnya adalah penentang keberadaan OJK. Bisa jadi yang dimaksudnya Sigit Pramono dan Agus Santoso yang gencar melawan kebijakan OJK.

Saat ini, Sigit dan Agus masuk dalam 14 nama calon DK OJK 2017-2022 yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR untuk menjalani fit and proper test.

Di mana, Sigit yang mantan Ketua Perbanas dan pernah menjabat Dirut Bank BNI itu, mencalonkan diri sebagai Ketua DK OJK. Sementara Agus, saat menjabat Ketua Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPeBI) dikenal sebagai salah satu penolak keras RUU Otoritas Jasa Keuangan (OJK). [ipe]

 
x