Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 13:53 WIB

Mulyani Minta Anak Buahnya Cerdas Kelola Anggaran

Oleh : M fadil djailani | Selasa, 23 Mei 2017 | 05:09 WIB
Mulyani Minta Anak Buahnya Cerdas Kelola Anggaran
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berpesan kepada anak buahnya untuk cerdas dalam pengelolaan anggaran. Serta bersikap adil dan merata demi memujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Pesan itu disampaikan Sri Mulyani dalam acara Peringatan Kebangkitan Nasional di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (22/5/2017). Dia bilang, tahun ini, anggaran yang digelontorkan pemerintah sesuai APBN mencapai Rp2.080 triliun. "Jika tidak bisa dikelola dengan baik dan benar akan percuma saja anggaran sebesar itu," kata Sri Mulyani.

Kalau tak ada kecerdasan dalam mengelola anggaran. Atau mengelola anggaran dengan serampangan, kata Sri Mulyani, jangan berharap cita-cita bangsa yakni kesejahteraan rakyat bakal terwujud.

Tahun ini, pemerintah menargetkan Rp1.750 triliun untuk penerimaan negara. Sedangkan belanja negara ditetapkan pagunya sebesar Rp2.080 triliun.

Sementara, biaya pembangunan infrastruktur periode 2015-2019, diperkirakan Rp4.700 triliun. Namun, pemerintah hanya sanggup membiayai 33%, atau sekitar Rp1.551 triliun. Sisanya yang 25% atau Rp1.175 triliun, berasal dari BUMN. Dan sebesar 42%, atau Rp1.974 triliun didorong muncul dari swasta.

Sri Mulyani mengharapkan, para pegawai Kemenkeu bisa meneruskan semangat kebangkitan nasional. Yang dimulai sejak era Budi Utomo. Dengan begitu, semangat mewujudkan pembangunan Indonesia yang merata dengan penyaluran APBN yang efektif bisa tetap membara. [ipe]

 
x