Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 13:48 WIB

Bos BI: Rakyat Sejahtera kalau Pertumbuhan Bisa 7%

Oleh : M fadil djailani | Rabu, 24 Mei 2017 | 14:38 WIB
Bos BI: Rakyat Sejahtera kalau Pertumbuhan Bisa 7%
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo bilang, rakyat Indonesia sulit sejahtera bila pertumbuhan ekonomi nasional hanya 5%.

Lalu perlu berapa? Kata mantan menteri keuangan era Presiden SBY ini, pertumbuhan ekonomi minimal 7% menunjukkan masyarakat suatu negara sudaqh sejahtera secara merata. "Untuk mencapai kesejahteraan rakyat Indonesia, pertumbuhan ekonomi 5% tidak cukup. Perlu tumbuh mungkin di atas 7%," kata Agus dalam Peluncuran Buku Stabilitas Sistem Keuangan ke-28 di Kantor BI, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7%, Agus bilang, peran serta stabilitas makro dan sistem keuangan tidak bisa dihindarkan. Lantaran, kebijakan tersebut sangat krusial dan memengaruhi kinerja ekonomi dalam mencegah krisis. "Tapi pertumbuhan ekonomi yang sehat tidak akan bisa dicapai tanpa stabilitas makro ekonomi dan stabilitas sistem keuangan," kata Agus.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi 7%, dinilai Agus, bisa tercapai apabila pemerintah, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), serta lembaga atau institusi jasa keuangan lainnya, berkomitmen dalam menjalankan reformasi struktural di sektor fiskal, moneter, dan keuangan. "Kita harus pastikan kalau ekonomi tumbuh harus kuat, sehat, dan sustainable," ujar mantan Dirut Bank Mandiri ini. [ipe]

 
x