Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 12:22 WIB

Kemenhub Perketat Keamanan Navigasi Saat Lebaran

Oleh : - | Senin, 29 Mei 2017 | 05:27 WIB
Kemenhub Perketat Keamanan Navigasi Saat Lebaran
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Tangerang - Kemenhub mengupayakan peningkatan keamanan navigasi penerbangan agar diperketat guna hindari ancaman teroris dalam masa angkutan Lebaran 2017.

Demikian kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso. Agus usai melakukan pemeriksaan kelaikan (ramp check) pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelaskan bahwa navigasi memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keselamatan penerbangan.

"Kalau sampai ATC (pengatur lalu lintas udara) diduduki oleh teroris, bagaimana dia bisa mengendalikan pesawat? Hal ini sangat bahaya," katanya di Jakarta, Minggu (28/5/2017).

Oleh karena itu, dia memerintahkan agar keamanan diperketat di wilayah bandara sebab simpul-simpul transportasi merupakan daerah yang rawan mengingat kejadian ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

"Selain keselamatan, kami juga 'concern' masalah keamanan di simpul-simpul transportasi, baik di bandara, terminal, stasiun, maupun pelabuhan," katanya.

Agus mengatakan bahwa pihaknya juga telah membentuk Komite Keamanan Bandara yang merupakan bagian Komite Keamanan Nasional.

Dalam kesempatan sama, Direktur Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau Airnav Indonesia Novie Riyanto mengatakan bahwa pihaknya telah menyiagakan sejumlah personel dari TNI untuk pengamanan berlapis di area menara ATC dan sekitarnya.

"Kami sudah siagakan, pengamananya berlapis sesuai dengan aturan CASR (peraturan keselamatan penerbangan sipil) 171," katanya.

Di setiap titik, kata Direktur Operasi Airnav Indonesia Wisnu Darjono, disiagakan dua personel TNI.

"Itu tentara yang sudah siap dengan senjata, jadi aman betul," kata Wisnu Darjono.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa pihaknya akan memperketat pengamanan bandara dengan mengerahkan personel keamanan bandara (aviation security) serta TNI dan Polri sebanyak 3.498 personel. [tar]

 
x