Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 04:43 WIB

Pasokan Ramadan Tipis

Krisis Daging Sapi Diganti Kerbau India

Oleh : - | Senin, 29 Mei 2017 | 11:12 WIB
Krisis Daging Sapi Diganti Kerbau India
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Melonjaknya permintaan daging saat Puasa hingga Lebaran, memang bikin ketar-ketir. Untuk memenuhinya, pemerintah sudah menyiapkan daging kerbau dari India. Ditunjuk Perum Bulog sebagai importir.

"Kami menjamin cukup aman untuk bulan Ramadan. Kalaupun kurang, pemerintah sudah instruksikan ke Bulog untuk mendatangkan daging kerbau dari India sebanyak 51 ribu ton," kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Karyawan Gunarso di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Minggu (28/5/2017).

Menurut Karyawan, pemerintah memberikan pilihan alternatif melalui penyediaan daging kerbau bagi masyarakat yang membutuhkan protein selain dari daging sapi yang harganya cukup tinggi.

Perum Bulog mencatat animo pembelian daging kerbau oleh masyarakat cukup baik. "Kami yakinkan kepada masyarakat dan alhamdulillah sekarang penjualan kami cukup besar, artinya animo masyarakat sudah luar biasa. Mereka sadar bahwa daging kerbau bisa dijadikan pilihan untuk pemenuhan protein," kata Karyawan.

Saat ini, kata Karyawan, stok daging sapi yang dimiliki Bulog hingga 26 Mei 2017, hanya 280 ton. Sementara cadangan stok daging yang dicatat Kementerian Perdagangan hingga Mei 2017, hanya sebanyak 86.620 ton.

Sebelumnya, pemerintah bersama sejumlah asosiasi perdagangan menyepakati untuk menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) daging beku sebesar Rp80 ribu per kilogram. Hal itu dilakukan Kementerian Perdagangan untuk mengendalikan tingkat harga daging di pasaran agar tidak melonjak tinggi. [tar]


 
x