Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 08:55 WIB

Menkeu Minta Jangan Resah Jika Rekening Diintip

Oleh : Uji Sukma Medianti | Senin, 29 Mei 2017 | 15:52 WIB
Menkeu Minta Jangan Resah Jika Rekening Diintip
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: Inilahcom/M Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjanjikan tidak akan menyalahgunakan kebijakan intip rekening demi informasi pajak oleh aparat petugas pajak.

Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR terkait hal tersebut, di Gedung DPR, Senin (29/5/2017) saat membahas Peraturan Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomer 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

"Pemerintah jamin kewenangan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) hanya untuk kepentingan perpajakan dan tidak disalahgunakan untuk kepentinga yang lain," kata Sri Mulyani.

Dia juga bilang bahwa jaminan tersebut sudah tertuang dalam undang-undang tax amnesty atau pengampunan pajak, pasal 34 UU KUP. "Yang menyampaikan mengenai kerahasiaan info wajib pajak, bagi pegawai DJP yang tidak jaga kerahasiaan tersebut, seperti membocorkan baik sengaja atau tidak akan dikenakan sanksi pidana denda dan kurungan sesuai pasal 41 UU KUP," paparnya.

Maka dari itu baik anggota dewan dan masyarakat, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan tak perlu resah dsn gundah dengan terbitnya Perppu ini, lantaran pemerintah akan mengawasi betul akses informasi data keuangan demi kepentingan perpajakan.

"Kebijakan whistle blowing system akan terus diperkuat untuk deteksi dini atas pelangggaran yang dilakukan pegawai DJP. oleh karena itu kepada wajib pajak tidak perlu khawtir dengan terbitnya Perppu nomer 1, karena kerahasiaan tetap akan dijaga dan tingkah laku aparat DJP juga semakin kita teliti dari sisi disiplin dan compliance," katanya.

 
Embed Widget

x