Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 08:56 WIB

Harga Bawang Anjlok, Petani dan DPD RI Protes

Oleh : - | Senin, 29 Mei 2017 | 19:15 WIB
Harga Bawang Anjlok, Petani dan DPD RI Protes
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota DPD RI dan petani bawang merah dari Solok, Sumatera Barat mendatangi Menteri Pertanian untuk menyampaikan protes mengingat harganya yang jatuh hingga Rp11.000 per kilogram di tingkat petani.

"Petani bawang merah Solok ini, Sumatera Barat yang sengaja datang untuk menyampaikan keluhan terkait kecilnya serapan bawang oleh Bulog yang berdampak pada harga di tingkat petani yang hanya Rp11.000 per kilo," kata Parlindungan Purba dari DPD yang mendampingi petani tersbut.

Menteri Pertanian dalam pernyataannya menyampaikan DPD dan Petani datang membawa kabar baik dan juga menyedihkan. "Kabar baiknya bawang merah panen melimpah, menyedihkan harganya anjlok Rp11.000 per kg. Kami sudah minta ke Bulog agar harga pembelian menjadi Rp15.000 per kilo. Sesuai komitmen, pemerintah akan membantu petani, dan hal yang baik juga saat ini kita tidak lagi impor bawang merah," Kata Amran.

Sementara itu perwakilan DPD 2, Parlindungan Purba yang mendampingi petani memberikan apresiasi kepada Menteri Pertanian bahwa kondisi harga pangan saat ini stabil. "Kami DPD mendukung Menteri Pertanian dalam program-programnya. Terkait masalah bawang, seperti tadi disampaikan kami sangat mengapresiasi harga serapan bawang merah tingkat petani di harga Rp15.000 per kilo sesuai yang Pak Mentan sampaikan, untuk itu kami akan berkoordinasi dengan Bulog setempat".

Sementara itu Edward Jamil yang mewakili petani bawang merah Solok, Sumatera Barat mengatakan, pihaknya datang langsung menyampaikan kepada Menteri Pertanian bahwa Solok sebagai sentra bawang merah saat ini sedang panen. "Sehingga kami minta agar Bulog bisa menerima bawang merah petani dengan harga Rp15.000 per kilo. Kami mohon ke Bulog dan Kemendag untuk menyikapi keinginan kami," ungkap Edward. [*]

 
x