Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 18:54 WIB

Kadin Dukung Tol Cisumdawu Layani Arus Mudik 2017

Oleh : - | Selasa, 30 Mei 2017 | 12:13 WIB
Kadin Dukung Tol Cisumdawu Layani Arus Mudik 2017
Tol Cisumdawu - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, Agung Suryamal mendukung operasional tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), Jawa Barat, saat mudik tahun ini.

"Kalau memang sudah aman dan layak, saya sarankan tol itu segera digunakan," kata Agung dalam keterangan tertulis kepada media di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Menurut Agung, penggunaan tol Cisumdawu di tersebut sudah sangat mendesak mengingat tingkat kemacetan yang kerap terjadi pada jalur tersebut, khususnya pada saat mudik.

Selain itu, ujar Agung, penggunaan tol tersebut, bisa menekan biaya penggunaan BBM bagi pengguna jalan. Serta menekan biaya distribusi angkutan bahan pokok yang melewati jalur tersebut.

Sebelum dioperasikan, Agung mengingatkan agar pembangunan tol tersebut mengutamakan unsur keamanan bagi pengguna jalan terlebih sebentar lagi akan masuk dalam musim mudik lebaran.

"Setelah melalui proses cukup panjang mulai dari rencana desain, proses pembangunan ruas tol ini juga harus melewati tahap uji coba untuk memastikan bahwa tol ini aman untuk dilalui pengemudi. Unsur keamanan menjadi hal utama yang harus dipenuhi," ujar Agung.

Ketum Kadin ini mengimbau perlunya dukungan Pemprov Jawa Barat untuk menyelesaikan masalah dalam proses pembangunannya. Antara lain terkait penyelesaian tanah wakaf, serta perubahan penetapan lokasi di seksi V sepanjang 2,5 kilometer.

Sebagaimana diwartakan, Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) di Jawa Barat kemungkinan bisa digunakan untuk jalur mudik Lebaran 2017 jika terjadi bencana alam di kawasan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang.

"Informasi terkait dengan antisipasi bencana alam, tadi ada rapat dengan Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Jawa Barat tentang rencana menggunakan jalur Tol Cisumdawu sepanjang enam kilometer saat arus mudik nanti," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik di Bandung, Jumat (26/5).

Dedi Taufik menuturkan dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan survei terkait kesiapan infrastruktur lalu lintas yang akan digunakan sebagai arus mudik di wilayah Jawa Barat. [tar]

 
x