Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 09:56 WIB

Pulau Timor Surplus Listrik, Silahkan Investasi

Oleh : - | Selasa, 30 Mei 2017 | 13:14 WIB
Pulau Timor Surplus Listrik, Silahkan Investasi
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Kupang - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) menantang pelaku usaha tertarik untuk berinvestasi di Pulau Timor. Karena, pasokan listrik di daerah tersebut dijamin aman.

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN NTT Sukistiyoadi Nikolaus mengatakan, saat ini, daya listrik yang dimiliki surplus hingga 90 mega watt (MW). "Saat ini listrik kami dengan adanya kapal pembangkit listrik justru mengalami surplus sampai 90 mega watt. Oleh karena itu kami mengajak investor untuk berdatangan ke kota ini dalam rangka berinvestasi dan membuka usahanya di daerah ini," kata Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN NTT Sukistiyoadi Nikolaus di Kupang, Selasa (30/5/2017).

Hal ini disampaikan Sukistiyoadi disela worskshop serta pengenalan kapal pembangkit listrik asal Turki Karadeniz Powership Gokhan Bey di Pelabuhan Bolok, Kupang.

Surplus sebesar itu berasal dari kapal Marine Vessel Power Plant (MVPP) Karadeniz Powership Gokhan Bey asal Turki, milik PT Kapowership Indonesia yang sudah di kontrak selama lima tahun untuk ditempatkan di Kupang. "Dengan adanya surplus listrik saat ini, kami tantang investor yang mau menanamkan modalnya di sini," ujar Sukistiyoadi.

Saat ini, pembangunan pembangkit listrik di Pulau Timor sudah cukup. Saat ini, tinggal bagaimana agar surplusnya listrik itu dimanfaatkan para investor. "PLN akan merugi jika surplusnya listrik itu tidak digunakan dan terbuang percuma, sebab mau dipakai atau tidak digunakan daya listrik yang surplus itu pemerintah tetap harus membayarnya," kata Sukistiyoadi.

Lebih lanjut Nikolaus mengatakan, saat ini, bagian niaga dari PLN wilayah NTT sudah berkunjung ke setiap Bupati di Pulau Timor untuk menyosialisasikan surplusnya listrik tersebut dan meminta bantuan Pemda untuk mengajak lebih banyak investor untuk berinvestasi.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan adanya surplus listrik tersebut maka pasokan listrik untuk pulau Timor selam Ramadan hingga Idul Fitri 1438 Hijirah dalam kondisi aman. "Tidak perlu takut lagi dengan masalah listrik untuk Ramadan dengan adanya kapal listrik dan daya dari kami PLN maka pasokan listrik akan aman-aman saja," ujar Sukistiyoadi. [tar]

 
x