Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:56 WIB

Alasan Sofyan Minta Tambah Dana Sertifikasi Lahan

Oleh : M Fadil Djaelani | Rabu, 31 Mei 2017 | 07:09 WIB
Alasan Sofyan Minta Tambah Dana Sertifikasi Lahan
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofjan Djalil - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofjan Djalil mengakui, setiap kali ada sengketa lahan, masyarakat kecil sering kalah saat berhadapan dengan pengusaha. Jelas ini tak adil.

"Sengketa tanah biasanya the weaker pasti kalah, orang-orang kecil, powerless pasti kalah. 70% perkara di pengadilan itu masalah tanah. Address masalah tanah juga otomatis addres tanah," kata Sofyan dalam sebuah seminar di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Kata Sofyan, dari 137 juta bidang tanah di luar hutan, hampir 70% masuk kawasan hutan. Dari 137 juta bidang lahan, sekitar 46-47 juta bidang lagang, tidak bersertifikat. "Banyak orang tidak punya sertifikat dan title. "Jadi usaha kecil ingin berkembang dapatkan modal enggak punya jaminan," kata Sofyan.

Maka dari itu, kata dia salah satu program percepat sertifikasi lahan, tahun ini 5 juta bidang lahan akan disertifikatkan. "Sangat progresif sangat ekstensif. Tahun-tahun sebelumnya 1 tahun maksimal 600 ribu bidang. Bahkan ada yang 400 sampai 500 ribu bidang. Akibatnya dulu yang dapat sertifikat itu real estate, tapi yang pinggiran mereka belum punya sertifikat," papar Sofyan.

Selain itu Sofyan juga bilang bahwa program sertifikasi lahan ini merupakan salah satu program pemerataan untuk atasi ketimpangan ekonomi. Ini program atasi ketimpangan dan berikan akses finansial, kita coba berikan sebanyak mungkin, pemberian sertifikat jadi sangat penting," kata Sofyan. [ipe]

Komentar

 
x