Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 08:51 WIB

Cegah Kartel, KPPU Pelototi Pangan Hingga Lebaran

Oleh : - | Rabu, 31 Mei 2017 | 10:11 WIB
Cegah Kartel, KPPU Pelototi Pangan Hingga Lebaran
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama Satuan Tugas (Satgas) Pangan terus memantau kelancaran distribusi pangan selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri.

"KPPU dan Satgas Pangan akan bergerak aktif dalam mengawasi kelancaran distribusi pangan, seperti daging sapi," ujar Ketua KPPU M Syarkawi Rauf kepada wartawan di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Dia mengemukakan bahwa KPPU dan Satgas Pangan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) juga bakal menindak tegas berbagai bentuk kartel pangan baik dari segi regulasi maupun dari sisi pidana.

Pasokan daging sapi, menurut Syarkawi, saat ini, surplus sehingga tidak ada alasan ada kenaikan harga yang melonjak di tingkat konsumen akhir. "Apalagi, bila sampai terjadi kelangkaan," katanya.

Ia menilai, bila terjadi kelangkaan komoditas atau hambatan lain, maka dapat dipastikan karena kendala distribusi. "Menteri Perdagangan juga sedang menata tata niaga sejumlah komoditas pangan karena selama ini dinilai regulasi hanya lebih mengatur sisi hulu. Sedangkan kurang terlalu dalam segi hilirnya," kata Syarkawi. [tar]

 
x