Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 19:46 WIB

Darmin Bilang Importir Bawang Putih Enggak Beres

Oleh : Muhammad Fadil Jaelani | Jumat, 2 Juni 2017 | 16:23 WIB
Darmin Bilang Importir Bawang Putih Enggak Beres
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: Inilahcom/M Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Harga bawang putih yang mahal membuat pemerintah melalui Kementerian Perdagangan terus melakukan operasi pasar di sejumlah daerah. Tak tanggung-tanggung jutaan bawang putih impor diguyur ke pasar untuk menekan harga.

Namun hingga kini upaya tersebut belum terlihat efektif, meskipun harga bawang putih turun, namun harganya masih diatas normal.

"Kalau bawang putih memang ada yang tidak benar. Itu harus dibereskan. Importirnya memang ada yang terlalu besar dan menguasai supply-nya," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat ditemui di Kantornya, Jakarta Jumat (2/6/2017).

Di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur, harga rata-rata bawang putih perkilonya mencapai Rp 50 ribu, sedangkan operasi pasar yang dilakukan Kementerian Perdagangan harga bawang putih dengan jenis dan negara yang sama hanya sekitar Rp 29 ribu sampai Rp 30 ribu perkilonya.

Darmin pun meminta kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita untuk segera mengatasi masalah ini, dengan melakukan pengecekan kepada para importir bawang putih. "Biar Mendag lah yang berurusan dengan importir itu," katanya. [jin]

Komentar

 
x