Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 16:44 WIB

Menteri LHK Luncurkan Buku Kekayaan Bahwa Laut RI

Oleh : - | Sabtu, 3 Juni 2017 | 13:19 WIB
Menteri LHK Luncurkan Buku Kekayaan Bahwa Laut RI
(Foto: Dok/ppid.menlhk.go.id)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meluncurkan buku fotografi "The Magnificent Seven: Indonesias Marine National Parks", sebagai upaya memperkenalkan keindahan dan kekayaan alam bawah laut Indonesia,

Peluncuran buku Jumat (2/06/2017) di Jakarta itu juga dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, Ketua Komisi IV DPR RI Edhi Prabowo, dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Titiek Soeharto serta duta besar negara sahabat.

Buku ini adalah sebuah karya seni untuk mempromosikan keindahan, keunikan dan kekayaan keanekaragaman hayati 7 Taman Nasional Laut yang ada di Indonesia. Ketujuh Taman Nasional (TN) tersebut adalah TN Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, TN Karimun Jawa di Jawa Tengah, TN Bunaken di Sulawesi Utara, TN Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah, TN Wakatobi di Sulawesi Tenggara, TN Taka Bonerate di Sulawesi Selatan dan TN Teluk Cendrawasih di Papua dan Papua Barat.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.520 pulau, dan pemilik garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada, yaitu 81.000 km. Indonesia juga negara yang kaya akan terumbu karang dengan luas diperkirakan mencapai 8,5 juta hektar. Terumbu karang tersebut menjadi tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan karang, crustacea, moluska, mamalia, dan reptilia, yang berpadu satu sama lain membentuk tipe ekosistem bawah laut yang sangat unik dan indah.

Untuk menjaga kelestariannya, hingga saat ini Pemerintah Indonesia telah menetapkan 17 juta ha kawasan suaka alam (KSA) dan kawasan pelestarian alam (KPA) di wilayan perairan dan laut sebagai kawasan perairan yang dilindungi, dan dikelola dengan sistem zonasi untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya alam hayati secara berkelanjutan.

"Indonesia sudah mengkonservasi 17 juta ha kawasan perairan dan 4 juta di antaranya merupakan wilayah Taman Nasional Laut," ungkap Siti Nurbaya saat meluncurkan buku tersebut.Dalam pengelolaannya, 7 Taman Nasional menerapkan sistem zonasi serta bersinergi dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dengan tetap mengedepankan prinsip sustainability dalam pemanfaatan kawasan konservasi.

Menteri LHK mengucapkan terimakasih kepada UNDP yang telah mendukung penyusunan buku tersebut dan berkeinginan agar Buku Foto ini dapat menarik banyak wisatawan untuk datang dan lebih mencintai aset bangsa dan warisan dunia. [*]

Komentar

 
x