Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 23:57 WIB

BPK: Opini WTP Kementan Valid

Oleh : Uji Sukma Medianti | Senin, 5 Juni 2017 | 12:43 WIB
BPK: Opini WTP Kementan Valid
Anggota IV BPK Rizal Djalil - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pastikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima Kementerian Pertanian (Kementan) bisa dipertanggungjawabkan.

Anggota IV BPK Rizal Djalil mengatakan, WTP yang berhasil diraih oleh Kementan dan K/L lain tidak didapat dengan mudah.

Sebab, untuk mendapatkan opini ini, perlu kerja keras dan akuntabilitas dalam menyusun laporan keuangan.

"Bahwa proses WTP Kementan ini dicapai dengan kerja keras dan berdarah-darah. Tidak ada upaya dan kegiatan yang melanggar etika. Ketemu saya saja susah kok. Jadi yakin dan percaya WTP ini tidak ada kaitannya dengan berita yang berkembang itu. Dan saya ingin tekankan dibawah Pak Menteri dengan susah payah menyelesaikan semua pekerjaan di lapangan dan juga secara adminitratif di lapangan," ujar dia di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (5/6/2017).

Menurutnya, pemberian opini ini telah melalui penilaian yang ketat di sidang badan BPK.

"Apa yang kita sampaikan secara ilmiah kita pertanggungjawaban. Soal barangnya di lapangan, di pasar itu kan ada jalur distribusi, ilmu beda lagi. Tugas mengawal ini adalah tugas kita semua," jelas dia.

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, WTP yang didapatkan oleh Kementan ini merupakan yang pertama sejak 2006 lalu.

"Kami ucapkan terima kasih ke Pak Ketua (BPK) atas pemberian opini WTP hari ini, di mana ini telah dinanti-nantikan sekian lama. Kami berterimakasih juga Pak Ketua telah diyakinkan kepada publik, memang ketemu Pak Ketua saja sulit," ungkap dia. [hid]

 
x