Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 20:04 WIB

Dirut Bulog Laporkan Stok Bahan Pangan ke DPR

Oleh : Uji medianti | Senin, 5 Juni 2017 | 17:09 WIB
Dirut Bulog Laporkan Stok Bahan Pangan ke DPR
Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti bakal melaporkan stok komoditas yang dimiliki Bulog kepada Komisi VI DPR, Senin (5/6/2017).

Djarot menyebut, saat ini pihaknya mempunyai 495 ton stok bawamg putih. Namun, dalam satu hingga dua minggu ke depan akan habis. Akan tetapi, Bulog telah menyiapkan 500 ton bawang putih tambahan yang sedianya bakal datang pada pertengahan bulan ini. "Artinya kami memanage stok yang ada agar tidak lagi kejadian seperti gula," jelas Djarot.

Sementara itu, untuk daging kerbau saat ini Bulog memiliki stok 33.800 ton. Dia menuturkan sebanyak 51.000 ton daging kerbau impor yang telah dikantongi izinnya masih ditahan masuk, lantaran Bulog ingin menghabiskan stok yang masih ada terlebih dulu. "Kami juga mencoba menjual dan menahan pembelian untuk mencoba menghabiskan yang ada. Kami laporkan posisi terakhir bulan kemarin kami jual 7000 ton," terang Djarot.

Dia berharap dengan masuknya bulan ramadan dan lebaran stoknya bisa naik antara 10.000 sampai 15.000 ton. "Saya harapkan sampai berakhirnya lebaran akan berkurang 15.000 ton maka akan tersisa sekitar 18.000 ton di pasca lebaran. Artinya masih cukup aman sehingga kami menahan untuk tidak merealisir persetujuan impor yang ada," jelas Djarot.

Untuk daging sapi, Djarot mengaku, pihaknya masih memiliki 241 ton, jumlah yang tidak terlalu besar memang. "Ini kami habiskan di ramadan ini, dan belum ada rencana importasi daging sapi," terangnya.

Sedangkan untuk minyak goreng, Djarot mengaku pihaknya mempunyai stok sebanyak 651 ribu liter dan sepenuhnya digunakan untuk mensuplai selama Ramadan ini saja. [ipe]

 
x