Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 02:04 WIB

Petinggi Pertamina Akui Kesulitan Jaga Harga LPG

Oleh : Uji medianti | Selasa, 6 Juni 2017 | 01:39 WIB
Petinggi Pertamina Akui Kesulitan Jaga Harga LPG
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengakui adanya kenaikan harga elpiji subsidi (3 kilogram/kg) di sejumlah daerah saat Puasa Ramadan hingga menjelang Lebaran. Angka kenaikannya diprediksi 8%.

Menurut Senior Vice Precident Fuel Marketing and Distribution Pertamina, Gigih Wahyu, Pertamina sudah mempersiapkan berbagai skenario terkait pasokan elpiji. "Kita tahu elpiji ini yang paling krusial adalah penjualan di outlet atau pengecer," ujarnya di Kantor BPH Migas, Jakarta, Senin (5/6/2017).

Dia menjelaskan, di atas pengecer masih ada agen. Oleh karena itu, cara mengantisipasi agar elpiji tidak mengalami kelangkaan, adalah menambah pasokan langsung ke pasar. "Karena efeknya panjang di distribusinya (kalau ke pengecer), sehingga kita harapkan mulai sekarang sudah meningkat dan memberi kesempatan ke masyarakat untuk mengkonsumsi secara berlebih dari biasanya. Karena rumah tangga lebih biasanya saat puasa," terang Sigit.

Selain untuk sektor rumah tangga, kata Gigih, pihaknya juga mengantisipasi adanya lonjakan elpiji di daerah-daerah wisata. "Di samping konsumsi untuk kita sendiri, dalam puasa dan Lebaran kan long weekend karena anak-anak libur. Sehingga diperkirakan terjadi lonjakan di tempat wisata," ujar Sigit.

Dalam hal ini, Pertamina menyiapkan pangkalan siaga dan pengecer siaga. Utamanya di jalur-jalur yang dilewati oleh pemudik. "Memang di pangkalan tidak bisa dilakukan prima, karena mereka juga ada hari libur terutama di puncak minggu senin, biasanya mereka tidak jual elpiji. Tapi dengan pangkalan yang banyak kita harapkan bisa tercover," terang Sigit.

Selain itu, Pertamina juga berupaya untuk mengurangi adanya peran spekulan. Pertamina sebut pihaknya akan bertanggungjawab bila ada spekulan yang sengaja mempermainkan harga elpiji. "Ditambah effort khusus utk mengurangi spekulan bermain, ini tanggung jawab kita bersama. Jadi saya yakin LPG ini bisa kita amankan dengan baik," tuturnya. [ipe]

 
x