Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 01:59 WIB

Saat Lebaran, PLN Jamin Bebas Byarpet

Oleh : Uji medianti | Selasa, 6 Juni 2017 | 06:09 WIB
Saat Lebaran, PLN Jamin Bebas Byarpet
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT PLN (Persero) menjamin tidak akan terjadi pemadaman listrik di sejumlah daerah tujuan mudik, semisal Yogyakarta dan Surabaya (Jawa Timur). Daerah lain bagaimana?

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I Made Suprateka mengatakan, beban puncak akan terjadi memasuki musim mudik Lebaran, dan terdistribusi ke daerah tujuan mudik. "Akan terjadi perubahan beban puncak yang semula di Jakarta akan terdistribusi ke daerah khususnya destinasi mudik," kata Suprateka di Kantor BPH Migas, Jakarta, Senin (5/6/2017).

Hal ini, lanjut Suprateka, menyebabkan pasokan listrik di wilayah DKI Jakarta, dengan kondisi gardu yang memang agak kritis, bisa terselamatkan saat Lebaran. "Jadi ada perpindahan beban puncak," tutur Suprateka.

Suprateka menerangkan, adanya pembangunan proyek kelistrikan 35.000 MW menjadi penyebabnya berpindahnya beban puncak listrik. Imbasnya, tidak akan terjadi kelebihan kapasitas (over capacity), karena telah ada gardu listrik baru yang telah dibangun.

"Kalau di Jakarta kosong lalu kembali ke daerah tujuan mudik, maka disana terjadi peningaktan beban puncak. Tapi terjadi pemecahan, artinya memecah konsentrasi yang ada di Jakarta ke Surabaya atau Jogja. Pembangunan 35ribu MW disana dibangun gardu baru, sehingga tidak terjadi over capacity seperti di Jakarta. Jadi cukup aman," kata Suprateka.

Di samping itu, lanjut Suprateka, PLN melakukan maintainance secara bergilir untuk pembangkit dan gardu. Kecuali jika ada suatu kondisi di daerah yang memungkinkan adanya perubahan iklim drastis, misal pohon tumbang dan hujan lebat, pemadaman listrik menjadi sulit dihindarkan. "Itu kerap mengganggu transmisi kita. tapi insya allah tidak akan terjadi pemadaman. Karena kami akan segera perbaiki," kata Suprateka.[ipe]

Tags

 
x