Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 10:05 WIB

Pangan Masih Jadi Ancaman Inflasi

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 6 Juni 2017 | 13:27 WIB
Pangan Masih Jadi Ancaman Inflasi
Menkeu Sri Mulyani - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ancaman inflasi pada 2018 masih tetap di sektor pangan. Pada RAPBN 2018 target inflasi ditetapkan 3,5% plus 1%.

"Potensi gejolak harga dapat berasal dari faktor pergeseran pola tanam, jalur distribusi bahan pokok, dan perubahan iklim. Untuk itu, pemerintah telah melakukan upaya-upaya pengendalian inflasi bahan pangan melalui strategi pengendalian harga," papar Sri Mulyani dalam rapat paripurna di Gedung DPR, Selasa (6/6/2017).

Dia bilang jalur distribusi pangan masih menjadi fokus pemerintah dalam menjaga harga pangan tetap stabil, dimana pemerintah akan memotong jalur distribusi pangan.

"Pengendalian harga dilakukan dari sisi produsen, distribusi, hingga ke konsumen," katanya.

Maka dari itu pemerintah sepakat terus berkoordinasi antara pemerintah pusat dan daerah agar target inflasi pada 2018 bisa dijaga dengan baik.

"Koordinasi dan sinergi antara pemerintah pusat, daerah, otoritas moneter maupun aparatur keamanan nasional dilakukan untuk pengendalian inflasi dan meningkatkan ketahanan pangan nasional," katanya. [lat]

 
x