Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 07:08 WIB

PLN Tetap Yakin Meski Tanpa Kenaikan TDL

Oleh : Monica Wareza | Rabu, 7 Juni 2017 | 00:17 WIB
PLN Tetap Yakin Meski Tanpa Kenaikan TDL
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pastikan tidak akan ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) hingga akhir Juli 2017 nanti dan hal ini tidak akan mengganggu kinerja PLN.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengatakan bahwa dengan tidak adanya kenaikan TDL ini tidak akan mengganggu kinerja keuangan PLN. Pasalnya, persero telah melakukan efisiensi operasional.

"Untuk kenaikan TDL belum ada sama sekali hingga Juli 2017. Sampai akhir tahun juga. Penggunaan BBM 4,5 persen. Gejolak harga minyak global hampir tidak ada," kata Sofyan di Kantor PLN Pusat, Selasa (6/6/2017).

Sofyan mengatakan bahwa efisiensi ini terus dilakukan untuk menjaga profitabilitas persero. Dengan adanya efisiensi ini maka dimungkinkan PLN tidak akan menaikkan TDL bahkan hingga akhir tahun nanti.

Kenaikan tarif listrik golongan 900 volt ampere bahkan tidak mempengaruhi profitabilitas perusahaan listrik pelat merah karena kenaikan tarif listrik ini ada campur tangan dari pemerintah terkait subsidi.

"Ini yang kenaikan 900 va itu subsidi pemerintah, kembalikan uangnya ke negara. Itu kan subsidi. Subsidi punya negara, negara tidak bayar lebih, dan tidak ada masalah. Faktanya tidak ada masalah," terang Sofyan. [hid]

 
x