Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 14:26 WIB

Barantan Hapus 47 Kode HS Karantina Pertanian

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 8 Juni 2017 | 19:18 WIB
Barantan Hapus 47 Kode HS Karantina Pertanian
Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini. - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini, sebut ada sebanyak 47 kode HS (Harmonize System) Karantina Pertanian yang telah dihapus dari Daftar Barang Larangan dan Pembatasan pada Portal Indonesia National Single Windows (INSW).

Hal ini dilakukan Barantan dalam rangka peningkatan kelancaran arus barang dan akselerasi ekspor produk pertanian Indonesia.

Beberapa diantaranya adalah kulit jadi, kopi bubuk, furniture, arang kayu, kayu lapis, rambut manusia dan lain-lain. Menurut Banun secara teknis ada berbagai unsur mengenai dihapuskannya 47 HS itu.

"Pertama pertimbangan mengenai keamanan. Apakah dia media yang berisiko rendah atau sebagainya," terang dia di Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Selain itu, pihaknya mengaku mengevaluasi pemasukan impor dari berbagai negara. "Kita juga mengevaluasi tidak hanya kepada produknya, tapi juga sudah melangkah profil daripada importirnya," tuturnya.

Banun mengatakan dalam hal ini pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan lembaga terkait lain mengenai penghapusan 47 HS itu. [hid]

Tags

Komentar

 
x