Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Oktober 2017 | 14:25 WIB

Saldo Intip Pajak Naik Rp 1M, Ini Kata Darmin

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 8 Juni 2017 | 19:33 WIB
Saldo Intip Pajak Naik Rp 1M, Ini Kata Darmin
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kemenkeu secara resmi merevisi batasan saldo rekening minimal yang wajib dilaporkan lembaga keuangan secara otomatis ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menjadi Rp1 miliar, dari sebelumnya hanya Rp200 juta.

Menanggapi hal ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan bahwa keputusan tersebut merupakan langkah yang diambil setelah adanya masukan dari masyarakat yang merasa keberatan.

"Artinya Kemenkeu itu setelah mendengar reaksi dan respon masuyarakat akhirnya melakukan adjustmen, melakukan perubahan jadi Rp1 miliar, ya baguslah," kata Darmin di Istana Negara, Kamis (8/6/2017).

Mantan Dirjen Pajak era SBY ini bilang bahwa tujuan dari pemerintah melakukan kebijakan tersebut, agar masyarakat makin teratur untuk membayar pajak kepada negara, baik untuk pajak perorangan ataupun pajak badan.

"Jadi yang namanya pajak sebetulnya negara makin teratur dan makin maju itu pajaknya di dominasi oleh pajak perorangan, PPH orang pribadi. Kalau belum teratur, masih kurang teratur, kurang maju, pajaknya didominasi oleh pajak perusahaan, PPH perusahaan," paparnya.

Sehingga tujuan utamanya kata Darmin adalah bagaimana agar pendapatan negara dari sektor pajak stabil bahkan terus meningkat penerimaanya.

Komentar

 
x