Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 01:51 WIB

Ini Alasan Impor Bawang Putih Lewat Tanjung Priok

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 9 Juni 2017 | 00:18 WIB
Ini Alasan Impor Bawang Putih Lewat Tanjung Priok
Kepala Barantan, Banun Harpini - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian, menjelaskan impor bawang putih dibolehkan masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Kepala Barantan, Banun Harpini, mengatakan sebelumnya pintu masuk bawang putih selama ini hanya lewat Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan Pelabuhan Belawan, Medan. Namun setelah melalui proses analisis risiko dan kajian ilmiah, akhirnya memilih Tanjung Priok.

"Kami telah melakukan analisis risiko dan menghadirkan beberapa pakar. Kami melihat apa penyakit, hama, yang biasa terdapat di bawang putih serta bagaimana mengendalikannya," ujar Banun di Kantor Pusat Kementerian Pertanian Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Dia mengatakan, pembukaan Tanjung Priok sebagai pintu masuk bawang putih juga sebagai pemecah risiko penyakit dan hama di di Pelabuhan Tanjung Perak.

"Aktivitas di Tanjung Perak luar biasa, sementara kapasitasnya terbatas. Di Tanjung Priok sekarang sarananya sudah memadai. Dengan dasar itu kita bisa segera buka. Sekarang sedang diundangkan di Kementerian Hukum dan Ham," tuturnya.

Pada 2016, berdasarkan data Barantan, total impor bawang putih mencapai 321 ribu ton. Adapun, selama periode Januari hingga Juni 2017, pemasukan bawang putih sebesar 171 ribu ton. [hid]

Tags

 
x