Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 03:48 WIB

Gurihnya Bisnis Bahan Baku Peledak di Tanah Air

Oleh : - | Jumat, 9 Juni 2017 | 05:09 WIB
Gurihnya Bisnis Bahan Baku Peledak di Tanah Air
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bontang - Bisnis bahan baku peledak yang dijalani PT Kaltim Nitrate Indonesia (KNI), dahsyat juga. Tahun ini, target produksi untuk amonium nitrat sebesar 290 ribu ton dengan kapasitas produksi 300 ribu ton.

"Tahun ini, kami berharap bisa meningkat menjadi 280-290 ribu dari 300 ribu," ujar Antung Pandoyo, Presiden Direktur PT Kaltim Nitrate Indonesia (KNI) di Bontang, Kamis (8/6/2017).

Jumlah tersebut naik dibandingkan hasil produksi pada tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 243 ribu ton. "Produksi kami, kalau kami lihat dari beberapa tahun yang lalu, produksi kami rata-rata 80 persen dari total kapasitas produksi," kata Antung.

Ia menjelaskan, target kenaikan produksi itu guna melayani permintaan ekspor dari negara tetangga kendati masih lesunya pasar batubara dalam negeri yang menjadi sasaran market utama amonium nitrat. "Kami juga melayani permintaan ekspor ke beberapa negara, Papua Nugini, Australia, Filipina, Malaysia," jelas dia.

"Ini memang terkait dengan menurunnya produksi batubara di Indonesia saat ini. Kami masih bisa bertahan dengan mengandalkan produk yang kualitasnya baik, berkualitas dunia. Sehingga kita bisa menjual lewat ekspor," lanjut Antung.

Di sisi lain, terkait dengan masih lesunya pasar batubara, Antung menilai KNI belum berencana untuk menaikkan kapasitas produksi melebihi 300 ribu ton amonium nitrat per tahun.

"Batubara sedang lesu, memang belum ada satu alasan yang kami ajukan ke pemegang saham untuk meningkatkan kapasitasnya," papar Antung.

Sebagai informasi, Amonium Nitrat (AN) yang diproduksi PT Kaltim Nitrate Indonesia (KNI) berbentuk butiran berpori (prilled) dengan kapasitas produksi 300.000 ton per tahun. Pabrik AN terbesar di Indonesia dan berteknologi tinggi itu terletak di Bontang, Kalimantan Timur. [tar]

Komentar

 
x