Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 13:51 WIB

Jadi Bos Anyar OJK, Ini Kata Wimboh

Oleh : M Fadil Djaelani | Jumat, 9 Juni 2017 | 07:29 WIB
Jadi Bos Anyar OJK, Ini Kata Wimboh
Wimboh Santoso - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Komisi XI DPR menunjuk Wimboh Santoso sebagai Ketua DewanKomisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017-2022.
Apa kata Wimboh yan sekarang masih menjabat komisaris utama Bank Mandiri ini?

Atas hasil ini, pria kelahiran Kota Susu, Boyolali ini bersyukur dan berterima kasih atas dukungan dari parlemen. "Saya bersyukur dan berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan. Ke depan, tentu saya akan berusaha memperkuat sinergi dan kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah, Bank Indonesia, DPR dan elemen lainnya, untuk memajukan industri keuangan Indonesia," kata Wimboh melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis malam (8/6/2017).

Siapa Wimboh Santoso?
Wimboh Santoso memulai karirnya di Bank Indonesia (BI) pada 1984 sebagai pengawas perbankan di Bank Indonesia (BI). AlumnusFakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) pada 1983 ini, pernah menjadi kepala perwakilan BI di New York pada 2012. Jabatan ini diperoleh usai ia menjabat sebagai Direktur Direktorat Pengaturan Perbankan BI periode 2010 - 2012.

Selepas dari bank sentral, ekonom kelahiran Boyolali 15 Maret 1957 ini meniti karir di level internasional. Ia menjadi Direktur Eksekutif International Monetary Fund (IMF) mewakili ASEAN plus Fiji, Tonga, dan Nepal sampai April 2015.

Sejak akhir tahun 2015, ayah tiga anak ini terpilih melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Bank Mandiri, untuk mengisi posisi sebagai komisaris utama bank tersebut.

Di bidang pendidikan, lulus dari UNS Wimboh melanjutkan studinya dalam program Master of Science in Business Administration di University of Illinois, Amerika pada 1991. Pendidikan ini diselesaikan pada September 1993.
Kemudian, ia melanjutkan pendidikan formalnya ke jenjang Doktor di Loughborough University, Inggris, dengan studi konsentrasi Financial Economics pada 1995.

Dengan berbagai latar belakang pendidikan itu, Wimboh pun aktif mengajar pada sejumlah Perguruan Tinggi. Dia juga ikut mendirikan program Magister Management Universitas Indonesia di bidang Risk Management pada 2001.[ipe]

 
x