Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 16:34 WIB

Masa Transisi Wimboh Bisa 3 Bulan

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 9 Juni 2017 | 12:17 WIB
Masa Transisi Wimboh Bisa 3 Bulan
Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo memprediksi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) teranyar Wimboh Santoso memperlukan waktu 3 bulan untuk melakukan masa transisi dan setelah itu bisa langsung kerja.

"Kalau dilihat abis 21 Juli pelantikan mereka atur serah terima ya biasanya sih tergantung tapi normalnya 3 bulan karena kan minta data segala macem, terus kalau mereka ada yang perlu diperdalam untuk hal tertentu dilakukan audit," kata Andreas di Gedung DPR Jakarta, Kamis Malam (8/6/2017).

Dia bilang saat ini organisasi internal OJK sudah sangat bagus dan menilai proses transisi akan berjalan dengan lancar tanpa harus ada kendala.

"Mereka akan bicarakan bersama deputinya. Mereka akan tentukan pembidanganya," katanya.

Komisi XI DPR RI telah memilih Ketua Dewan Komisioner beserta enam anggota lain komisioner periode 2017-2022. Untuk posisi ketua dijabat Wimboh Santoso, sementara Sigit Pramono terjungkal.

Dalam voting yang digelar Komisi XI, Kamis (8/6/2017), Wimboh mendapatkan dukungan sebanyak 50 suara. Ssementara Sigit hanya 4 suara. Sedangkan 1 suara abstain, alias tak memilih.

Sementara posisi Wakil Ketua plus Ketua Komite Etik, terpilih Riswinandi dengan 50 suara. Selanjutnya Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Merangkap Anggota, Heru Kristiyana unggul dengan 39 suara, mengalahkan Agusman.

Selanjutnya posisi Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Merangkap Anggota, petahana Nurhaida berhasil mempertahankan posisi. Dia mengalahkan Arif Bahardin dengan dukungan 54 suara.

Selanjutnya posisi Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya merangkap Anggota, Hoesen yang terpilih dengan 34 suara. Posisi Dewan Audit merangkap Anggota, Ahmad Hidayat mengalahkan Haryono Umar, dengan perolehan 22 suara.

Posisi terakhir, Kepala Ekskutif Edukasi dan Perlindungan Konsumen jatuh ke tangan Tirta Segara yang mengalahkan Prof Firmanzah dengan 51 suara. "Bisa saya sahkan yah," kata Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng, Kamis Malam (8/6/2017).

Sebelumnya Melchi, sapaan akrabnya bilang, Komisi XI DPR hanya memilih ketua dan enam komisioner OJK. "Untuk wakil ketua diputuskan mereka. Rapat dewan komisioner PJK-lah yang putuskan itu, bukan DPR. Itu bunyi undang-undang OJK," papar Melchi.

Berikut nama-nama yang yang akan memimpin DK OJK untuk Periode 2017-2022.

1. Ketua merangkap Anggota: Wimboh Santoso
2. Ketua Komite Etik merangkap Anggota: Riswinandi
3. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap Anggota: Heru Kristiyana
4. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota: Nurhaida
5. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya merangkap Anggota: Hoesen
6. Ketua Dewan Audit merangkap Anggota: Ahmad Hidayat
7. Kepala Ekskutif Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Tirta Segara. [hid]

Komentar

 
x