Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 13:46 WIB

Disambangi Wimboh, Darmin Ingatkan Bunga Perbankan

Oleh : M Fadil Djaelani | Jumat, 9 Juni 2017 | 19:55 WIB
Disambangi Wimboh, Darmin Ingatkan Bunga Perbankan
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: Inilahcom/M Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Setelah terpilih menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyambangi kantor Menko Perekonomian Darmin Nasution. Apa yang dibicarakan?

Darmin bilang, pertemuan dengan Wimboh hanya sebatas silaturahmi. Plus, dia memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Wimboh sebagai Ketua OJK yang baru. "Wimboh itukan (teman). Ya dulu kan saya di BI, jadi ya ngobrol-ngobrol saja," kata Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Selain bersilaturahmi dan memberikan ucapan selamat, Darmin dan Wimboh juga membicarakan terkait masalah-masalah yang ada di industri jasa keuangan, salah satunya terkait penurunan bunga perbankan.

"Waktu di BI sama-sama bagaimana mendorong bunga pelan-pelan turun, enggak bisa radikal. Tetapi memang harus turun. Dulu, kita buat SBDK (Suku Bunga Dasar Kredit). Dilihat satu per satu, bank mana yang agak mahal. Di pos mana dan sebagainya. Lalu dipanggil satu-satu kenapa you tinggi, kok orang lain bisa, you turunin dong, memang harus begitu, enggak perlu di gap," kata Darmin.

Darmin berharap, cara ini kembali diefektifkan. Pasalnya, saat ini suku bunga perbankan di Indonesia masih tergolong tinggi. "Ya memang harus didorong pelan-pelan, nah upaya seperti kita yakinkan saya ingatkan supaya diteruskan, dihidupkan kembali, karena perbankan kita itu bukan perbankannya sebenarnya kita itu sektor keuangannya mahal demandnya, orang lain itu memang inflasinya lebih rendah dengan 2% mereka itu tingkat bunga pinjamannya 6%. Kita dengan inflasi 3-4%, bunganya kok masih 12-13%," paparnya. [ipe]

 
x