Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 08:53 WIB

Enggartyasto Pede Harga Daging Lebih Stabil

Oleh : M Fadil Djaelani | Sabtu, 10 Juni 2017 | 01:29 WIB
Enggartyasto Pede Harga Daging Lebih Stabil
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim bahwa harga daging sapi sangat terkendali. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, harga daging naik tinggi saat Ramadan hingga Lebaran.

"Daging sapi, daging yang biasanya terjadi lonjakan, itu sangat terkendali," kata Enggartyasto kepada wartawan di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Untuk meredam panasnya gejolak harga daging, Enggar, sapaan akrabnya, menjamin persediaan atau stok berupa daging sapi beku, aman. Untuk komoditas ini, masuk aturan HET (Harga Eceran Tertinggi) sebesar Rp80.000 perkilogram.

"Oleh karena itu kami siapkan daging beku, kami siapkan dengan harga yang ditetapkan maksimum yakni 80 ribu." jelas Mendag. Selain itu, menurut Enggar, daging sapi beku itu lebih sehat dan higienis. "Daging beku ini lebih higienis, lebih sehat," kata Enggar.

Sebelumnya, sempat terjadi lonjakan harga daging di Palembang, Sumatera Selatan. Untuk sekilo daging sapi dibanderol Rp 130.000. "Apa yang terjadi sekarang, daging sapi beku itu (merupakan solusi). Dan daging segar jenis tertentu (juga terkendali), (namun) bukan harga daging premium, daging sapi kan terbagi-bagi lagi, ada paha luar paha dalam. Jadi secara keseluruhan semuanya terkendali," papar Enggar.

Pada awal Ramadan, Kemendag melalui perintah penugasan kepada Bulog, telah melepas dua ton daging beku impor asal India ke pasaran melalui mitra yakni Rumah Pangan Kita (RPK), Rumah Tani Indonesia dan agen di pasar-pasar.

Contohnya di daerah Sumatera Selatan, Kepala Bulog Sumsel Babel, Bakhtiar AS mengatakan, dua hari lalu sudah didatangkan dua ton daging kerbau asal India dan dua ton daging sapi asal Australia.

"Untuk daging kerbau, sudah habis. Untuk daging sapi saat ini masih ada di gudang Bulog Palembang yang rencananya akan dilepas melalui operasi pasar dan melalui mitra," ujar dia. [ipe]

 
x