Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 08:46 WIB

Pasca Terpilih Pimpin OJK

Bos BI Nasehati Wimboh Soal Bunga Bank

Oleh : M Fadil Djaelani | Sabtu, 10 Juni 2017 | 04:09 WIB
Bos BI Nasehati Wimboh Soal Bunga Bank
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo semringah lantaran bekas orang BI yakni Wimboh Santosa terpilih memimpin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Naga-naganya Agus sangat puas.

Agus meminta kepada Wimboh untuk memperkuat kelembagaan OJK, terutama pengawasan sistem keuangan nasional. "Kami lihat kelembagaan harus diperkuat karena fungsi utama adalah pengawasan terintegrasi sehingga bisa meneruskan untuk membangun pengawasan yang terintegrasi," kata Agus di Gedung BI, Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Agus bilang, sistem pengawasan dan pengaturan oleh OJK sebagai regulator harus diperkuat. Untuk itu, salah satu upayanya adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia di lembaga irisan BI tersebut. "Termasuk juga peningkatan koordinasi dengan BI, Kementerian Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan," ujar mantan menteri keuangan era SBY yang semmpat diperiksa KPK karena kasus korupsi e-KTP itu.

Agus menilai, uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Komisi XI DPR yang menghasilkan tujuh Dewan Komisioner OJK, berjalan baik.

Dirinya menaruh harapan besar terhadap ketujuh DK OJK itu, bisa meningkatkan kredibilitas OJK sebagai wasit di industri jasa keuangan tersebut.

Kalau ditotal jenderal, selain Wimboh, masih ada dua komisioner OJK yang berasal dari BI. Mereka adalah Tirta Segara yang menjabat Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI dan Ahmad Hidayat yang menjabat Direktur Departemen Keuangan Internal Bank Indonesia. "Kami sambut baik Tirta dan Ahmad Hidayat adalah pejabat aktif di BI. Mereka punya kapasitas dan kapabiliats integritas dan juga profesional di bidangnya," ujar Agus.

Sedangkan Wimboh adalah mantan bankir di Bank Sentral yang pernah menjadi Kepala Perwakilan BI di New York Amerika Serikat, dan selanjutnya dipercaya menjadi Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional.

Agus meminta Wimboh yang sudah dipilih menjadi Ketua DK OJK dan enam anggota DK OJK mampu meningkatkan supervisi di sektor keuangan serta mampu menjadi penunjang untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

"Saya yakin ke depan fungsi utama daripada DK OJK dapat membangun lembaga yang kredibel kuat, supervisi sektor keuangan agar berkembang dengan baik dan bisa menjadi penunjang pertumbuhan ekonmi yang inklusif," ujar Agus.

Komisi XI DPR pada Kamis malam (8/6/2017), menetapkan Wimboh sebagai Ketua DK OJK, dan enam anggota yakni Nurhaida, Tirta Segara, Riswinandi, Heru Kristiyana, Hoesen, dan Ahmad Hidayat. [ipe]

 
x