Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 07:10 WIB

Sidak Terminal Indihiang, Menhub Masuk Kolong Bus

Oleh : - | Sabtu, 10 Juni 2017 | 19:30 WIB
Sidak Terminal Indihiang, Menhub Masuk Kolong Bus
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi masuk ke kolong bus memeriksa kondisi kelaikan jalan bus di Terminal Indihiang, Tasikmalaya. - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah terminal bus.

Hari ini, (Sabtu, 10/6/2017), Budi mendatangi Terminal Indihiang Tasikmalaya, Jawa Barat. Dia mengecek kesiapan mudik lebaran di jalur selatan Pulau Jawa. Mirip seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo, sang menteri pun langsung memeriksa kondisi bus parkir di terminal. Dirinya tak segan meski harus masuk ke kolong bus guna memeriksa rem. Untuk memastikan apakah pengereman bisa berfungsi dengan baik.

Budi menemukan fakta, banyak bus yang setelah dicek, tak laik jalan. Salah satunya karena suspensi per daun, sudah rusak, hanya diikat karet. "Makanya ramp chek ini penting," kata Budi usai blusukan di di Terminal Indihiang.

Atas temuan itu, dirinya meminta Dinas Perhubungan setempat, menindak tegas bus-bus yang tak laik jalan. kalau perlu bus tersebut dilarang beroperasi. Budi juga meminta perusahaan otobus (PO) untuk segara membenahi armadanya yang tidak layak jalan.

"Masyarakat harus memerhatikan stiker uji kelayakan di setiap angkutan umum. Bila tak ada stikernya, maka bus tidak lulus ramp check," terang Budi.

Dalam setiap kali sidak, Budi selalu memeriksa sistem penerangan, ban, alat kemudi, komponen pendukung seperti spidometer, spion, wiper, klakson. Dirinya juga memeriksa perlengkapan kendaraan seperti sabuk keselamatan, ban cadangan, dongkrak, pembuka roda dan sebagainya.

Ada lagi bagian tanggap darurat (pintu darurat, jendela darurat, alat kendali darurat, fasilitas kesehatan, alat pemadam api ringan), dan bagian badan kendaraan (pintu keluar masuk penumpang, pintu keluar masuk pengemudi, kondisi kaca jendela).

Selain kendaraan, Kemenhub juga akan memeriksa para pengemudi diantaranya kondisi fisik, waktu kerja, dan waktu istirahat.
Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bus layak jalan sehingga aspek keselamatan dan kemanan penumpang bisa terjamin. [tar]

 
Embed Widget

x