Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 15:00 WIB

Luar Biasa, Tol Bawen-Salatiga Bisa Dilalui H-10

Oleh : - | Senin, 12 Juni 2017 | 01:09 WIB
Luar Biasa, Tol Bawen-Salatiga Bisa Dilalui H-10
Jalan tol Bawen (Semarang) menuju Salatiga - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Salatiga - Sepuluh hari sebelum Lebaran (H-10), jalan tol Bawen (Semarang) menuju Salatiga sepanjang 17,5 kilometer sudah bisa beroperasi. Saat ini, pembangunannya sudah 99%.

"Nanti H-10 akan dibuka dan untuk mudik dan balik tahun ini masih gratis. Ini jalan masih fungsional tapi sudah mendekati operasional," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono saat mengevaluasi persiapan jalan tol Bawen-Salatiga di Salatiga, Minggu (11/6/2017).

Basuki dan rombongan dari Jakarta, sejak Sabtu (10/6) menelusuri jalan tol dan nontol. Langkah ini dilakukan guna melihat langsung perkembangan proyek infrastruktur tersebut. Apalagi menyangkut kesiapan pemerintah alam memberikan layanan maksimal terhadap pemudik 2017.

Dikatakan, target pemerintah untuk bisa mengoperasikan ruas tol tersebut sebelum Lebaran 2017 tercapai sehingga pada mudik tahun ini sudah bisa dilalui.

Jalur tol ini, katanya, strategis mengingat untuk jalur wisata menuju Yogyakarta, Solo, serta Jawa Timur.

"Dengan adanya jalur tol ini, pemudik memiliki banyak pilihan jalan untuk mudik ke tempat tujuan masing-masing," katanya.

Pantauan menunjukkan jalan tol Bawen-Salatiga tersebut sudah layak difungsikan secara optimal mengingat marka dan petunjuk jalan sudah lengkap.

Demikian juga beton pemisah jalur jalan dan beton pemisah tepi jalan juga sudah terpasang sepanjang jalan sehingga aman digunakan. Sebagian sisi kanan dan kiri jalan tol tersebut terdapat sejumlah jurang yang cukup dalam namun sudah diberi pengaman dari beton.

Basuki mengatakan jalur tol Bawen-Salatiga tersebut juga merupakan salah satu tol Trans Java yang bisa menghubungkan Merak hingga Surabaya. "Direncanakan akhir 2018 jalan tol Trans Java bisa selesai dan bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas," kata Basuki.

Masih ada hambatan untuk segera merampungkan tol Trans Java yakni pembebasan lahan yang belum selesai di sejumlah titik. Di era Jokowi, pemudik benar-benar dimanjakan dengan jalan tol. [tar]

Komentar

 
x