Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 07:08 WIB

Pantau Persiapan Mudik, Komisi V DPR Cek 3 Rute

Oleh : - | Senin, 12 Juni 2017 | 12:09 WIB
Pantau Persiapan Mudik, Komisi V DPR Cek 3 Rute
Wakil Ketua Komisi V DPR, Muhidin Muhammad Said - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Untuk memantau persiapan layanan mudik dan balik Lebaran 2017, Komisi V DPR merencanakan kunjungan kerja (kunker) khusus. Ada tiga rute yang disasar.

Wakil Ketua Komisi V DPR, Muhidin Muhammad Said mengatakan, informasi yang disampaikan kementerian perhubungan, kepolisian, kementerian PUPR dan instansi terkait lainnya tentang persiapan arus mudik dan bali Hari Raya Idul Fitri 1438 H, sudah cukup oke.

"Apakah itu dari korlantas, PUPR, seluruh jajaran kemenhub hingga Pertamina, dan pihak lainnya, semua bagus. Sempurna. Namun pelaksanaan di lapangan juga perlu dijaga. Kita semua ingin layanan mudik dan balik di 2017 bisa semakin baik. Demi rakyat," papar Muhidin di Jakarta, Senin (12/6/2017).

Untuk memantau persiapan mudik dan balik 2017, kata politisi senior Partai Golkar ini, akan ada tiga rombongan Komisi V DPR yang melakukan kunker khusus. Pertama, rombongan meninjau rute Jakarta hingga Jawa Tengah melalui perjalanan darat. Kedua, rombongan meninjau rute Jakarta hingga Jawa Timur kembali ke Solo. Ketiga, rombongan meninjau rute Jakarta menuju Sumatera.

"Semuanya kita pantau, mulai persiapan tol. Jangan sampai terulang tragedi Brexit. Lalu soal kelaikan moda transportasinya bagaimana. Termasuk untuk kereta api, masalah palang pintu harus diperhatikan. Dan tentunya dari teman-teman lain pasti banyak masukan nanti," papar Muhidin.

Untuk moda transportasi darat seperti bus, Muhidin kembali mengingatkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar lebih serius. Menyangkut keselamatan penumpang, kemenhub harus bisa menindak tegas moda transportasi yang memang tak laik jalan. "Kami melihat Pak Menhub orangnya responsif. Beliau serius ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Kita dukung sikap tersebut," kata Muhidin. [tar]

 
x