Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Agustus 2017 | 11:24 WIB

Coca Cola Bikin Botol Irit Plastik Pertama di RI

Oleh : - | Selasa, 13 Juni 2017 | 17:18 WIB
Coca Cola Bikin Botol Irit Plastik Pertama di RI
(Ki-Ka) Bapak Triyono Prijosoesilo Public Affairs & Communications Director Coca-Cola Indonesia; Mr. Grant McClean Technical Manager Supply Chain Coca-Cola Amatil Indonesia; Mr. Stewart Edmed Technical Director Coca-Cola Indonesia; Dr. Ir. Gabriel Soed - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Urusan bikin kemasan, PT Coca Cola Indonesia ternyata jagonya. Baru-baru ini, Coca Cola mengembangkan kemasan botol plastik berkualitas prima namun ringan. Ini baru pertama di Indonesia.

Melalui PT Affordable Small Sparkling Package (ASSP), anak usaha Coca Cola, dikembangkan produksi kemasan botol. Selanjutnya, Affordable menjalin kerja sama dengan KHS GmbH, Jerman dalam memroduksi botol plastik berkualitas tinggi dan ringan tersebut.

Selain kualitasnya di atas rata-rata namun ringan, proses produksi botol ini irit plastik hingga 40%. Atau dalam setahun bisa menghemat 800 ton plastik di Indonesia. "Kami secara aktif bekerja di seluruh bagian sistem Coca-Cola untuk menciptakan solusi yang bertujuan untuk mencegah pembuatan limbah yang berlebih, yang disebabkan oleh kemasan produk
kami," ujar Triyoso Prijosoesilo, Public Affairs & Communications Director Coca-Cola Indonesia, melalui rilis kepada media di Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Visi pengemasan Berkelanjutan Coca-Cola, terang Trijoso, terdiri dari dua bagian, dimana bagian yang pertama adalah dengan konsumen. Para konsumen menyatakan kepada kami bahwa mereka menginginkan kemasan yang mudah dibawa-bawa, dapat ditutup kembali, ringan, dan tahan banting, sesuai dengan gaya hidup modern mereka.

Bagian kedua dari visi itu adalah dari berkelanjutan. Kami hanya menggunakan
bahan plastik sesuai dengan yang dibutuhkan dan kami terus berusaha mendorong batas teknologi hingga dapat mengurangi jumlah plastik yang kami gunakan.

Tujuannya adalah mencegah terciptanya
limbah yang berlebihan namun tetap memberikan produk-produk berkualitas tinggi dan aman. "Bagi kami, pencegahan limbah bukan sekedar mengurangi bahan-bahan kemasan. Kami juga ingin fokus bagaimana mengoptimalkan efisiensi kemasan; meningkatkan penggunaan bahan-bahan terkini," kata Trijoso.

"Selain itu guna mengumpulkan kembali kemasan untuk digunakan kembali; dan meningkatkan penggunaan bahan daur ulang. Visi jangka panjang Coca-Cola dalam kemasan berkelanjutan (Sustainable Packaging) adalah untuk mempengaruhi skala dan sumber daya kami secara signifikan untuk
berkontribusi secara nyata pada ekonomi melingkar (circular economy), yang berarti bahwa bahan-bahan yang digunakan dan didaur-ulang secara terus-menerus membangun ulang modal alam dan sosial," lanjut Trijoso. [tar]




 
x