Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 04:38 WIB

Perekonomian Indonesia Kini dan Esok Cerah

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 14 Juni 2017 | 20:35 WIB
Perekonomian Indonesia Kini dan Esok Cerah
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini pada tahun ini dan selanjutnya prospek ekonomi Indonesia sangat cerah. Ini ditandai positifnya indikator makro ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2016 yang terbilang cukup positif.

"Kalau kita katakan pertumbuhan 5,2%-5,4% itu bahkan sejak tahun lalu. Namun memang pemerintah secara keseluruhan konservatif. Sebetulnya kita memang opitmistis bahwa minat orang investasi tetap baik, kemudian kita juga mulai mengarah ke ekspor dari sumber daya alam yang harganya mulai membaik," kata Darmin di Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Tak hanya faktor-faktor tesebut, Darmin juga mengatakan respons dunia terhadap ekonomi Indonesia terbilang cukup menggembirakan, terlihat naiknya rating layak investasi Indonesia dari lembaga pemeringkat rating internasional Standard & Poor's (S&P).

"Bukan hanya kita yang optimis. Sebetulnya memang begini, walau kita tidak berani ucapkan di tahun lalu bahwa S&P akan berikan investment grade di Indonesia. Namun kita tahu kalau terjadi perbaikan di Indonesia dan perbaikan lainnya," katanya.

"Artinya bahwa pemilik dana jangka panjang yang paling konservatif adalah pension fund. Mereka itu pemilik dana jangka panjang karena kewajiban mereka harus hitung 30-40 tahun ke depan. Dan mereka tak hanya cari investment grade namun yang lebih stabil," papar Darmin.

Itulah kenapa negara-negara yang dipercaya oleh tiga lembaga, yakni Fitch Rating, Moodys, dan S&P kini memberikan peringkat layak investasi kepada Indonesia.

"Pemeringkat akan memiliki dana jangka panjang masuk. Kalau dana jangka panjang masuk ke sini, akan ditukar dulu ke rupiah baru dimasukkan ke investasi-investasi," ujar Darmin. [lat]

 
x