Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 08:42 WIB

Cek Harga Pangan Enggar Blusukan ke Pasar Cilegon

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 16 Juni 2017 | 09:09 WIB
Cek Harga Pangan Enggar Blusukan ke Pasar Cilegon
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat blusukan ke pasar Kranggot Cilogen, Banten - (Foto: inilahcom/M. Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Cilegon - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyambangi Pasar Kranggot, Cilegon, Banten, Kamis (15/6/2017). Tujuannya apalagi kalau bukan untuk memantau harga pangan.

Kata Enggar, sapaan akrabnya, harga bahan pangan yang biasanya naik adalah daging sapi. Namun kenyataannya, harga sapi boleh dibilang stabil, bahkan cenderung turun.

"Jadi kalau tadi kita lihat, harga yang paling foltair itu adalah daging (sapi), dari pengalaman kita beberapa tahun lalu, daging itu naiknya tajam sekali. Disini (Pasar Kranggot) Rp 105.000, daging lokal daging segar. Saat ini di kisaran Rp 110.000 hingga Rp 120.000. Memang pernah naik sampai Rp 160.000, kemudian turun. Jadi ada penurunan harga," kata Enggar.

Enggar menjelaskan, stabilnya harga merupakan dampak dari terjaganya pasokan. "Kemudian yang kedua adalah beras. Komoditas ini pasukannya berlebih, tidak ada persoalan. Dan beras yang paling murah adalah Rp8.000. itu menunjukan bahwa dengan pasokan yang berlebih itu membuat harga stabil dan terkendali," kata Enggar.

Sementara, Wali Kota Cilegon, Tubagus Iman Ariyadi menjelaskan, stabilnya harga kebutuhan pokok ini merupakan hasil dari ketegasan pemerintah dalam mengatur ketersedian dan harga kebutuhan pokok saat ramadhan "Ini karena ketegasan pak menteri ya, terhadap spekulan dan sebagainya. Saya kira pak menteri sudah konkrit melakukan ketegasan terhadap itu," kata Ariyadi. [ipe]

 
x