Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:03 WIB

Klaim Turunkan Impor Ikan

Senangnya Susi Bisa Naikkan Produksi Ikan

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 16 Juni 2017 | 14:45 WIB
Senangnya Susi Bisa Naikkan Produksi Ikan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan ada tren peningkatan jumlah produktivitas ikan di laut Indonesia sebanyak 12,5 juta ton pada tahun ini.

"Stok ikan untuk tahun kemarin 2016 yang 9,93 juta. Tahun ini naik jadi 12,5 juta ton," katanya dalam konfrensi pers di kantornya, Jumat (16/6/2017).

Imbasnya, kata Susi, impor ikan yang menurun drastis, biasanya Indonesia mengimpor ikan sekitar 50 persen dari berbagai negara. Namun berkat kebijakannya tersebut angka impor ikan turun.

"Impor ikan itu jauh penurunannya dan kuota ikan yang terpakai hanya 20% lebih dikit," katanya.

Tak hanya soal itu, pemilik Susi Air ini juga senang masyarakat Indonesia sudah mulai gemar memakan ikan. Susi melakukan blusukan tak lupa ia mengingatkan betapa pentingnya makan ikan.

Konsumsi ikan nasional pada tahun 2016 meningkat dari sebelumnya 36 kilogram (kg) per kapita menjadi 43 kg per kapita. Artinya, ada kenaikan 7 kg per kapita kali 250 juta. Berarti ikan yang dikonsumsi masyarakat Indonesia dalam satu tahun terakhir itu naik 7 kg per orang. Kalau dikali 250 juta bisa 1,75 juta ton. Tapi impor kita turun banyak sekali. Ini hal yang luar biasa karena konsumsi dalam negeri ikan luar biasa.

itulah cerita Susi sejak diangkat sebagai oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober 2014, telah membuat sejumlah kebijakan terkait illegal fishing atau pencurian ikan oleh kapal-kapal asing.

Hingga kini, Susi tercatat telah meledakkan dan menenggelamkan 318 kapal pencuri ikan berukuran besar.

Kapal-kapal pencuri ikan itu berasal dari berbebagai negara antara lain Vietnam, Filipina, Tiongkok, Malaysia, Thailand, dan Papua New Guinea. [hid]

Komentar

 
x