Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 23 Agustus 2017 | 11:26 WIB

Sebentar Lagi, Kawasan IMIP Punya PLTU 2X350 MW

Oleh : - | Sabtu, 17 Juni 2017 | 00:29 WIB
Sebentar Lagi, Kawasan IMIP Punya PLTU 2X350 MW
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) bakal membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2x350 MW. Nilai investasinya US$650 juta.

Dengan terbangunnya PLTU ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan setrum di kawasan IMIP. "Penyelesaian proyek ini akan sangat meningkatkan kapasitas power supply bagi kawasan," kata Imam Haryono, Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian di Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Selain itu, kata Imam, PLTU IMIP bisa menjamin realisasi perencanaan kawasan dan realisasi tujuan operasional proyek tersebut, serta mendorong pengembangan wilayah lokal dan industri terkait di Sulawesi. "Ini akan mendorong keseluruhan pengembangan ekonomi sosial seluruh pulau," kata Imam.

Sebagai kawasan industri yang berbasis sumber daya yang komprehensif, IMIP memaksimalkan pemanfaatan sumber daya tanah lokal yang kaya akan laterit, menggabungkan pengalaman produksi dengan teknik smelter nikel dan baja stainless China yang modern.

Pada 2019, lanjut Imam, akan segera diselesaikan pembangunan satu line produksi dan pengolahan untuk 3 juta ton baja stainless.

Hingga kuartal I/2017, nilai investasi industri ferronikel yang dibenamkan di kawasan industri ini mencapai US$2,6 miliar. Dengan produksi sebesar 11 juta ton, total pendapatannya US$1,2 miliar. "Kawasan industri ini merupakan model komprehensif dari pengembangan Indonesia-China untuk memperdalam kerja sama pragmatis di berbagai bidang," kata dia. [tar]

 
x